Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13.455 Sertifikat Tanah Dibagikan di Tarakan

Kompas.com - 22/12/2021, 13:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 13.455 sertifikat tanah kepada masyarakat di empat Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Utara.

Rinciannya yaitu 1.509 sertifikat tanah diberikan kepada warga di Kabupaten Bulungan, 2.360 sertifikat tanah di Kota Tarakan, 3.000 sertifikat tanah di Kabupaten Malinau, serta 6.586 sertifikat tanah di Kabupaten Nunukan.

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan dari 162 juta bidang tanah di Indonesia, tersisa 40 juta bidang tanah atau sekitar 32 persen dari target lagi yang harus diselesaikan hingga dalam empat tahun ke depan.

Baca juga: Jokowi: Pengurusan Sertifikat Tanah Sekarang Tak Perlu Bertahun-tahun

Menurutnya, pendaftaran tanah memberikan manfaat besar bagi masyarakat seperti kepastian hak atas tanah, mendorong kesejahteraan masyarakat serta mencegah adanya konflik dan praktik mafia tanah.  

"Namun, dalam lima tahun kita berhasil mendaftarkan 25 juta bidang tanah. Ini sudah kita bagikan semua sertifikatnya kepada masyarakat," kata Jokowi.

Jokowi mengapresiasi kerja keras jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di seluruh Indonesia.

"Saya tentu mengapresiasi BPN yang telah bekerja keras dalam menyelesaikan sertifikasi tanah masyarakat," ujarnya. 

Dia mengimbau kepada jajaran Kementerian ATR/BPN agar segera membagikan sertifikat tanah yang sudah selesai secara langsung dan cepat kepada masyarakat.

"Tidak ada lagi yang lama buat sertifikat, langsung berikan kepada masyarakat. Jangan sampai ada masyarakat yang mengurus sertifikat bertahun-tahun belum selesai," ucapnya. 

Menteri ATR/BPN Sofyan A Djalil menambahkan, dari total 394.898 bidang tanah di Kalimantan Utara, sebanyak 276.380 bidang tanah telah terdaftar. 

"Tahun ini, Kalimantan Utara mendapat target PTSL 42.500 bidang tanah dan alhamdulillah, sudah selesai 100 persen," katanya. 

Dia menyebut dalam penyerahan sertifikat tanah di Kota Tarakan, hadir juga penerima sertifikat tambak dari Kabupaten Bulungan.

Hal itu seiring dengan pesan Presiden Jokowi tiga tahun lalu yang mengamanatkan agar tanah-tanah tambak itu disertifikatkan.

"Hari ini ada 22.000 hektar tambak yang mendapatkan sertifikat tanah dari Presiden. Masih ada 80.000 hektar tambak yang akan disertifikatkan pada tahun depan," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com