Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Manado-Bitung Seksi 2B Siap Beroperasi Fungsional Saat Libur Natal-Tahun Baru

Kompas.com - 22/12/2021, 11:51 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 2B Danowudu-Bitung siap beroperasi fungsional pada momen Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division Head Teddy Rosadi mengatakan, ruas tersebut dapat digunakan karena pihaknya telah menerima permintaan dari Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

"Secara konstruksi, ruas Tol Danowudu-Bitung sudah siap untuk digunakan. Kami sudah menerima permintaan Pemda untuk dioperasikan secara fungsional," jelas Teddy dalam konferensi pers virtual, Rabu (22/12/2021).

Karena beroperasi fungsional, ruas ini hanya digunakan mulai 23 Desember 2021-4 Januari 2022 mulai pukul 06.00 WITA-18.00 WITA.

Baca juga: Minggu Depan, Tol Manado-Bitung Seksi 2B Akan Uji Laik Fungsi

Sebelumnya, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso mengatakan, ruas ini sedang dilakukan uji laik fungsi (ULF).

Jika ULF telah selesai dilaksanakan, Sertifikat Laik Operasi (SLO) akan terbit sehingga nantinya dapat beroperasi penuh.

Secara keseluruhan, Tol Manado-Bitung membentang 39 kilometer yang dibangun dengan konsep Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang 14 kilometer yang dibangun Pemerintah.

Sementara Seksi 2 Airmadidi-Bitung dirancang sepanjang 25 kilometer yang dibangun PT Jasamarga Manado Bitung (JMB).

Tol Manado-Bitung dibangun sejak tahun 2017 yang memiliki total nilai investasi sebesar Rp 4,95 triliun dengan masa konsesi 40 tahun.

Jika terhubung secara penuh, jalan tol ini akan terintegrasi serta memudahkan akses menuju Pelabuhan Internasional Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung hingga sebagai pendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupang.

Keberadaan jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas wilayah dan daya saing investasi di provinsi yang dikenal dengan julukan Bumi Nyiur Melambai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com