Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Alasan KPA Minta Pembentukan Bank Tanah Dihentikan

Kompas.com - 17/12/2021, 11:27 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah diminta Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) untuk menghentikan rencana pembentukan dan pelaksanaan bank tanah.

Sekretaris Jenderal KPA Dewi Kartika menilai, keberadaan bank tanah hanya akan mengakomodasi pengadaan tanah untuk kepentingan bisnis dan usaha dengan skala besar.

Penghentian pembentukan bank tanah dinilai perlu seiring dengan Undang-undang Cipta Kerja dinyatakan inkonstutisional berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Dengan begitu, penerapan UU maupun Peraturan Pemerintah (PP) turunannya haruslah dihentikan sebelum UU tersebut direvisi secara total dan konstitusional.

Ini menjadi artikel terpopuler di kanal Properti Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Lalu, apa yang seharusnya dilakukan Pemerintah? Selanjutnya baca di sini KPA Minta Pembentukan Bank Tanah Dihentikan, Kenapa?

Presiden Direktur Astra Cipali Firdaus Aziz mengunkapkan, Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan beroperasi 20 Desember 2021.

"Tol Akses BIJB Kertajati akan beroperasi (2021) 20 Desember," jelas Firdaus Azis seperti dikutip Kompas.com dari Antara, Kamis (16/12/2021).

Hal ini menyusul telah terbitnya Surat Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 1514/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Akses BIJB Kertajati, tertanggal 6 Desember 2021.

Selengkapnya baca di sini Langsung Dibuka untuk Umum, Tol Akses Bandara Kertajati Beroperasi 20 Desember

Kipas angin adalah salah satu perabotan rumah tangga yang paling sering digunakan, bahkan hampir selama satu hari penuh jika cuaca sedang panas.

Sayangnya, pergerakan udara yang cepat membuat bilah kipas angin banyak mengumpulkan debu dan membuatnya cepat kotor.

Untuk tetap menjaga kebersihan dan fungsi dari kipas angin, setidaknya barang tersebut dibersihkan sebanyak satu kali setiap minggu, bahkan tanpa perlu membuka bingkainya.

Lalu, seperti apa caranya?

Caranya ada di artikel ini Cara Mudah Membersihkan Kipas Angin Tanpa Harus Dibongkar

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com