Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan, Cara Mudah Bersihkan Rol Cat

Kompas.com - 15/12/2021, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Rol cat adalah alat terbaik yang digunakan untuk mengecat karena lebih banyak mengikat cat dibanding dengan kuas.

Selain itu, rol cat juga memiliki pegangan yang panjang sehingga mampu menjangkau area yang lebih jauh.

Namun sayangnya, membersihkan rol cat setelah digunakan bukan perkara mudah. Terlebih rol cat yang masih belum bersih dari cat akan lebih mudah rusak.

Padahal rol cat beserta pegangan dan baki yang digunakan harus selalu dibersihkan sesaat setelah proses pengecatan selesai dilakukan.

Lantas, bagaimana cara membersihkan rol cat dengan benar?

1. Bersihkan sisa cat

Serat rol cat mampu menahan lebih banyak jumlah cat. Karenanya, Anda harus menggunakan pisau dempul atau sesuatu yang bisa mengikis cat dari rol dengan lembut untuk kembali dimasukkan ke dalam kaleng.

Pegang rol cat tegak lurus di atas kaleng cat lalu kikis cat secara perlahan.

Setelah itu, Anda bisa menggunakan sisa cat pada rol cat untuk dioleskan ke dinding yang kurang rata atau pada koran hingga benar-benar bersih.

2. Lepaskan rol untuk membersihkan pegangan dan baki

Tahap selanjutnya adalah membersihkan pegangan dan baki rol. Akan lebih mudah untuk membersihkan keduanya saat cat masih dalam keadaan basah.

Masukkan air hangat dan beberapa tetes cairan pencuci piring ke dalam ember. Lalu gunakan lap bekas atau sikat kaku untuk membersihkan pegangan dan baki rol, kemudian keringkan.

3. Cuci rol cat

Proses selanjutnya adalah mencuci rol cat dengan cara merendamnya di dalam air hangat dan beberapa tetes cairan pencuci piring.

Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan pelindung untuk membersihkan rol cat secara keseluruhan dengan cara memijat rol cat.

4. Bilas rol cat

Setelah setiap permukaan rol cat bersih, Anda harus membilasnya menggunakan air bersih. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit sampai rol cat benar-benar bersih.

5. Keringkan rol cat

Agar kering dan tidak merusak bentuk rol cat, keringkan dengan cara metelakkan rol cat tegak pada ujungnya atau Anda bisa menyelipkannya pada gantungan celana hingga kering.

Perlu diingat untuk tidak meletakkan rol cat di salah satu sisi karena dapat meratakan seratnya.

Kemudian, buang sisa air pembersih rol cat ke dalah salurang pembuangan yang terhubung ke fasilitas pengolahan air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com