Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapkan Perjalanan, Prediksi Puncak Arus Libur Natal-Tahun Baru 24 Desember

Kompas.com - 13/12/2021, 15:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus libur Natal 2021 dan tahun baru 2022 terjadi pada 24 Desember dan 31 Desember 2021.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso mengatakan hal ini dalam acara #RoadSafetyRangers Road Trip di Tangerang, Minggu (12/12/2021).

"Puncak arus mudik itu terjadi 24 dan 31 (Desember 2021). Tapi, untuk puncak tertinggi (lalu lintas) terjadi 24," jelas Heru.

Sementara puncak arus balik terjadi pada 26 Desember 2021 dan 2 Januari 2022 dengan lalin tertinggi pada 2 Januari 2022.

Jasa Marga (Persero) juga memprediksi akan terjadi pengingkatan lalin sebesar 30 persen di tol perseroan saat momen tersebut.

Dia mengambil contoh, pada Sabtu dan Minggu, para pengguna jalan tol yang mengambil arah timur yaitu Gerbang Tol (GT) Tol Cikampek Utama ke arah Tol Trans-Jawa dan arah barat yaitu GT Kalihurip Utama ke arah Tol Purbaleunyi.

Sejak Oktober hingga November dibandingkan Desember, sudah terjadi kenaikan lalin sebesar 20 persen atau dilalui sekitar 90.000 kendaraan pada akhir pekan per hari.

Baca juga: Volume Lalin di Tol Trans-Jawa Diprediksi Naik 30 Persen Saat Natal-Tahun Baru

"Kita pantau di dua GT tersebut, karena itu merupakan titik pergerakan pengguna jalan misalnya hari libur Nataru, lebaran. Mereka akan kesana," ujar Heru.

Menurut Heru, perkembangan lalin sejalan dengan pembatasan yang dilakukan Pemerintah, mulai dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, PPKM Level 4,3,2, dan 1.

Untuk mengantisipasi kenaikan lalin tersebut, Jasa Marga melakukan beragam upaya seperti memastikan keberfungsian 100 peralatan transaksi di tol perseroan.

Lalu, menyiapkan kerja sama dengan pihak Korlantas Polri untuk merekayasa lalin seperti contraflow dan lain sebagainya.

Kemudian, perseroan akan membuat kebijakan buka-tutup Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area jika kapasitas sudah terlalu penuh. 

Jasa Marga juga akan mengantisipasi jika terjadi potensi genangan karena saat ini sudah memasuki musim hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com