Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tren Warna Rumah 2022, Terinspirasi dari Alam

Kompas.com - 13/12/2021, 12:03 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Berbicara mengenai tren warna rumah tahun 2022, para ahli pada topik terkait setuju bahwa akan ada lebih banyak warna hijau yang terinspirasi dari alam di tahun depan.

"Dengan lebih banyak orang di rumah, mereka membawa pengaruh alami ke dalam ruang mereka, tetapi sering kali membuatnya tetap tenang dan nyaman," ujar Co-Founder dan Interior Design Principal Curated Nest, Lina Galvão, mengatakan hal ini seperti dilansir dari The Spruce, Senin (13/12/2021).

Menurut Associate Color Marketing Manager Glidden oleh PPG, Ashley McCollum, hal di atas disebabkan karena adanya peningkatan fokus pada kesehatan dan kebugaran pada 2021 dan berlanjut hingga 2022.

Lebih lanjut, McCollum menjelaskan bahwa mereka melihat adanya peningkatan ketertarikan atas penggunaan kayu alami dan elemen kayu yang membawa kekuatan penyembuhan dan peremajaan alam ke dalam rumah.

Baca juga: Kata Ahli, Ini Warna yang Perlu Dihindari Saat Dekorasi Kamar Mandi

Senada dengan pernyataan tersebut, Vice President of Color dan Creative Services Behr, Erika Woelfel menyetujui warna biru dan hijau yang kerap merepresentasikan alam, mampu mengembalikan rasa ketenangan dan keseimbangan dalam pengaturan ruangan.

"Saat kita pulih dari dua tahun kekacauan dan ketidakpastian, kita akan menemukan cara untuk menyelimuti diri kita dalam kehangatan dan kenyamanan keindahan alam," tambah desainer interior CW Interiors, Caron Woolsey.

Namun selain itu, para ahli juga memprediksi akan terdapat peningkatan pada warna-warna gurun, seperti warna merah jingga muda, cokelat, cokelat bernuansa oranye dan warna karat.

Ini juga dikarenakan warna gurun cocok dengan nuansa warna hijau yang selalu populer dan akan kerap dilihat sepanjang tahun 2022.

Sedangkan untuk warna dinding, ahli melihat akan ada perpindahan pilihan warna yang lebih dramatis dari warna hitam pekat ke warna yang lebih kompleks, misalnya biru navy pekat, hijau hutan lebat dan cokelat tanah.

Tidak hanya itu, masyarakat juga diprediksi berani mengambil risiko pada kombinasi warna yang tidak biasa.

Untungnya, pengkombinasian warna rumah itu bisa menambah ketertarikan pada interior dan eksterior rumah.

Sementara itu, warna netral yang monoton, seperti abu-abu dan putih pada setiap perabotan yang populer pada tahun 2021 akan mulai ditinggalkan dan berganti ke penggabungan warna cerah dan berani.

"Sementara warna netral masih menjadi pilihan warna paling populer, pemilik rumah tampaknya beralih dari abu-abu dan lebih ke warna netral yang hangat dengan sentuhan warna," pungkas McCollum.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com