Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Biro Arsitek Terbaik di Dunia (Bagian 2)

Kompas.com - 11/12/2021, 11:14 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bangunan merupakan bagian penting yang tak terpisahakan dari lanskap sebuah kota. Anda pasti pernah melihat bangunan nan indah, berada di berbagai belahan dunia.

Kebanyaan dari bangunan tersebut merupakan rancangan firma-firma arsitektur terbaik. Tak hanya menawarkan rancangan yang indah, namun kekuatan gedung juga menjadi jaminan.

Terlebih hingga sekarang banyak permintaan untuk pembangunan kota pintar sehingga dalam pembangunannya harus melibatkan firma arsitektur terbaik.

Artikel ini merupakan bagian kedua dari serial yang mengulas profil masing-masing firma arsitek. Bagian pertama dapat disimak dalam tautan ini: 10 Biro Arsitek Terbaik di Dunia (Bagian 1)

Berikut 10 firma arsitektur teratas di dunia 2021, berdasarkan omset, skala proyek, dan pengelolaan perusahaan menurut situs konstruksi Construction Review dan Fortune

6. Foster and Partners (Inggris)

Foster and Partners telah ada sejak tahun 1967 dan berada dibawah pimpinan sang aristek andal asal Inggris, Norman Foster.

Perusahaan ini bermarkas di Inggris dan telah memiliki 1.600 karyawan serta jaringan kantor cabang di seluruh dunia.

Karena kontribusinya dalam bidang aristek, firma ini telah menerima banyak penghargaan seperti Aga Khan Award (sekali) dan Stirling Prize( tiga kali).

Beberapa proyek yang pernah dikerjakan oleh firma ini termasuk Jembatan Milenium, Stadion Wembley yang baru, Gherkin (30 St Mary Axe), dan Balai Kota Inggris.

Pada 2019, Foster and Partners melaporkan besar pendapatan yang mereka dapatkan adalah sebesar 258 juta poundsterling atau Rp4,8 triliun.

7. Gensler (AS)

Gensler merupakan perusahaan yang berbasis di AS dengan telah operasi kurang lebih pada 48 kota di seluruh dunia.

Perusahaan ini memiliki lebih dari 6.000 karyawan dan berhasil meraup pendapatan sebesar 1,2 miliar Dolar AS (Rp 17,2 trilyun) pada tahun 2018. Gensler telah beroperasi sejak tahun 1965 dan memiliki kantor pusat di San Francisco.

8. HDR (AS)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com