Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumur dan Parit Resapan Bisa Menampung Air, Apa Bedanya?

Kompas.com - 10/12/2021, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatnya intensitas curah air hujan menjadi salah satu penyebab banyaknya daerah di Indonesia, terendam banjir belakangan ini.

Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan yang tepat terhadap masalah tersebut, seperti penyediaan sumur resapan atau parit resapan yang mampu menampung air hujan.

Namun, apa perbedaan dari sumur resapan dan parit resapan?

Sumur resapan

Sumur resapan diartikan sebagai prasarana untuk menampung dan meresapkan air hujan ke dalam tanah, dilansir dari pedoman sumur dan parit resapan air hujan oleh Badan Standardisasi Nasional, Kamis (9/12/2021).

Prasarana ini harus ditempatkan pada lahan yang relatif datar dengan kemiringan maksimum kurang dari 2 persen dan hanya digunakan jika kedalaman air tanah melebihi 2 meter.

Adapun penampang sumur resapan pada umumnya berbentuk segi empat, lingkaran atau bentuknya lainnya dengan ukuran sisi 80 sentimeter sampai dengan 100 sentimeter.

Selain itu, jarak minimum pondasi bangunan atau tangki septik terhadap sumur resapan adalah 1 meter.

Sedangkan jarak bidang resapan atau sumur resapan tangki septik dengan sumur resapan adalah 5 meter dan jarak sumur resapan air hujan atau sumur air bersih dengan sumur resapan adalah 3 meter.

Lebih lanjut, baik sumur maupun parit resapan, keduanya harus mempunyai nilai koefisien permeabilitas tanah lebih dari 2 sentimeter per jam dengan klasifikasi yang telah ditentukan.

Parit resapan

Sementara parit resapan adalah prasarana yang digunakan untuk menampung dan meresapkan air hujan ke arah memanjang melalui parit atau selokan.

Sama seperti sumur resapan, parit resapan juga harus ditempatkan pada tanah yang relatif datar dengan kemiringan tidak lebih atau kurang dari 2 persen.

Tetapi, berbeda dengan sumur resapan, parit resapan dibuat jika kedalaman air tanah kurang dari 2 meter.

Untuk jarak pondasi bangunan atau tangki septik dengan parit resapan adalah 1 meter dan jarak bidang resapan atau sumur resapan tangki septik adalah 5 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com