Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Daftar Lengkap Bendungan di Jatim yang Diresmikan Presiden

Kompas.com - 30/11/2021, 16:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah mencapai target dan menuntaskan pembangunan empat bendungan di Jawa Timur (Jatim) pada 2021.

Terbaru, Presiden Jokowi usai meresmikan Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro pada Selasa (30/11/2021).

Menyusul sebelumnya telah meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan pada Februari lalu dan Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo pada September lalu.

Pembangunan bendungan tersebut bertujuan untuk memenuhi misi ketahanan pangan dan ketahanan air dalam Program Strategis Nasional Pemerintah yang dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Baca juga: Diresmikan Jokowi, Bendungan Tugu dan Gongseng Siap Dimanfaatkan

"Kita harapkan dengan tambahan dua bendungan ini aktivitas pertanian masyarakat akan semakin meningkat, petani semakin produktif, lebih sering bisa menanam dan panen, sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat," ujar Presiden Jokowi dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (30/11/2021).

Dengan demikian, lengkap sudah empat bendungan yang telah dibangun dan diresmikan Pemerintah pada 2021. Berikut daftarnya:

1. Bendungan Tugu

Bendungan tugu dibangun sejak 2014 dengan biaya Rp 1,69 triliun. Memiliki kapasitas tampung sebesar 12 juta meter kubik.

Bermanfaat untuk irigasi seluasi 1.250 hektar, sumber air baku 10 liter per detik, pembangkit listrik sebesar 0,4 megawatt, mereduksi banjir dan pariwisata.

2. Bendungan Gongseng

Bendungan Gongseng dibangun mulai tahun 2013 dengan anggaran sebesar Rp 578 miliar. Memiliki kapasitas tampung sebesar 22 juta meter kubik dan manfaat irigasi seluas 6.200 hektar.

Selain itu, bendungan ini juga difungsikan untuk penyediaan air baku 300 liter per detik, konservasi pariwisata, reduksi banjir 133,27 meter kubik per detik serta pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) sebesar 0,7 megawatt.

3. Bendungan Bendo

Bendungan Bendo dibangun mulai 2013 dengan menelan anggaran Rp 1,1 triliun. Memiliki kapasitas tampung sebesar 43 juta meter kubik.

Bendungan Bendo akan menyediakan irigasi untuk 7800 hektar sawah dan juga untuk pasokan air baku dengan kapasitas 370 liter per detik. yakni dari 375,4 meter kubik per detik menjadi 258 meter kubik per detik.

4. Bendungan Tukul

Bendung Tukul dibangun sejak 2013 dengan biaya sebesar Rp 904,4 miliar. Berkapasitas tampung 8,7 juta meter kubik, bendungan ini bisa memberikan manfaat yang sangat besar yaitu mengairi 600 hektar sawah.

Kemudian, mampu mereduksi banjir sebesar 42,21 meter kubik per detik, berpotensi sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) 2x132 KW, konservasi sumber daya air, dan pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com