Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Proyek Infrastruktur Transportasi Prioritas yang Dibangun Tahun 2022

Kompas.com - 24/11/2021, 21:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan, pada tahun 2022, akan membangun empat proyek infrastruktur transportasi yang memiliki multiplier effect besar. 

Keempat infrastruktur transportasi yang merupakan proyek strategis nasional (PSN) itu adalah revitalisasi Bandara Halim Perdana Kusuma, pembangunan Pelabuhan New Ambon dan New Palembang serta pembangunan Proving Ground Uji Kendaraan di Bekasi.

PSN ini dibangun sebagai wujud dari kebijakan infrastruktur transportasi Tahun 2022 yang diarahkan untuk mewujudkan konektivitas nasional dan efisiensi logistik, meningkatkan kinerja pelayanan pada semua moda transportasi umum.

Kinerja ini dilihat dengan indikator keberhasilan tercapainya Indeks Kepuasan Masyarakat dan tingkat on time performace (OTP) dan meningkatkan keselamatan transportasi, sebagai upaya menuju zero accident.

Baca juga: Butuh Rp 4,56 Triliun, Proyek Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Didukung SWF

“Prioritas ini merupakan arah kebijakan pembangunan transportasi pada tahun 2022, dalam rangka meningkatkan daya saing global serta berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional,” kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Rabu (24/11/2021).

Menurut Budi, program prioritas pembangunan infrastruktur transportasi pada tahun depan disusun berdasarkan skala prioritas pembangunan.

Skala prioritas tersebut di antaranya yaitu melanjutkan pengembangan infrastruktur konektivitas yang produktif, memastikan pemenuhan PSN, mendukung pemerataan pembangunan nasional.

Lalu mendukung upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di sektor transportasi serta memastikan keberlanjutan layanan transportasi bagi masyarakat dengan mengedepankan aspek kesehatan, keselamatan, dan kenyamanan transportasi.

Guna percepatan pemulihan ekonomi nasional, pembangunan juga diarahkan dalam bentuk infrastruktur padat karya yang mendukung kawasan industri dan pariwisata dan didukung dengan peran swasta.

“Kami sangat mendukung peran penting swasta dalam mengoptimalkan pembangunan melalui pembiayaan kreatif, untuk mengurangi ketergantungan terhadap APBN yang terbatas,” ujarnya. 

Proyek pembangunan melalui pembiayaan kreatif merupakan proyek yang memenuhi kelayakan secara ekonomi dan finansial.

Baik itu melalui skema Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) dalam pengelolaan infrastruktur transportasi, penugasan kepada BUMN, serta Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan kontribusi pemerintah dalam pengadaan lahan dan pembiayaan sebagian kontruksi.

Sejumlah pembangunan melalui pembiayaan kreatif yang telah dilaksanakan Kemenhub di antaranya yaitu pengoperasian Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Anggrek, pengembangan Bandara Komodo, serta pembangunan jalur kereta api Makasar-Parepare.

Adapun sejumlah capaian kinerja sektor perhubungan pada Semester I-2021 di antaranya yaitu sistem angkutan umum massal perkotaan pada beberapa kota aglomerasi.

Kemudian penambahan panjang jalur kereta api menjadi 6.326 kilometer spoor (Km'sp), moderinisasi beberapa pelabuhan strategis, pembangunan 10 bandara baru, serta penambahan rute angkutan tol laut dan jembatan udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com