Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Uji Laik Fungsi Tiga Tol Siap Diresmikan, Ini Lengkapnya

Kompas.com - 02/11/2021, 16:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat tiga ruas tol yang sudah selesai konstruksinya dan siap diresmikan agar bisa segera beroperasi untuk melayani masyarakat.

Ketiga ruas tol tersebut adalah Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 sepanjang 2,65 kilometer, On/Off Ramp Km 42+500 Tol Jagorawi sepanjang 2,9 kilometer, serta Tol Serang-Panimbang Seksi 1 sepanjang 2,65 kilometer.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja mengatakan, tiga ruas tol tersebut sudah melewati uji laik fungsi (ULF).

Selain itu, ketiga ruas dengan total panjang 96,16 kilometer ini masuk dalam 13 ruas tol baru yang tuntas pembangunannya saat ini.

Baca juga: Ini 11 Tol yang Tuntas Dibangun Pemerintah hingga Akhir 2021

"Sudah ada 13 ruas tol baru yang tuntas konstruksi fisiknya sepanjang 96,16 kilometer, dimana 10 ruas telah beroperasi," tutur Endra dikutip dari siaran pers, Senin (1/11/2021).

Sementara 10 ruas tol baru yang sudah selesai pembangunanya dan telah beroperasi tahun 2021 Tol Banda Aceh-Sigli Seksi 3 Jantho-Indrapuri sepanjang 16 kilometer.

Lalu, Tol Medan-Binjai Seksi 1A sepanjang 3,5 kilometer, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 1A sepanjang 2,1 kilometer.

Kemudian, Tol Serpong-Cinere Seksi 1 sepanjang 6,5 kilometer, Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran sepanjang 14,19 kilometer, dan Tol Depok-Antasari On/Off Ramp Rawajati sepanjang 1,75 kilometer.

Selanjutnya, Tol Solo-Ngawi Simpang Susun (SS) Sragen Timur sepanjang 1,04 kilometer, Tol Pemalang-Batang SS Pekalongan dan exit Pekalongan sepanjang 3,84 kilometer.

Sementaar itu, Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 kilometer, serta Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 dan 5 sepanjang 3,9 kilometer.

Mengenai jadwal peresmian, Kementerian PUPR akan melaporkan terlebih dahulu ke pihak Sekretariat Presiden (Setpres) untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut mengenai waktu peresmian.

"Intinya, kami akan mempersiapkan diri dengan baik untuk peresmian ruas tol baru yang telah rampung," ujar Endra.

Selama tahun 2021, setidaknya ada 24 ruas jalan tol yang akan beroperasi, 11 di antaranya ditargetkan selesai konstruksi hingga akhir tahun.

Dari jumlah tersebut, lima di antaranya merupakan bagian dari ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Kelimanya adalah Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 Tebing Tinggi-Indrapura dan Junction Tebing Tinggi sepanjang 20,4 kilometer, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2 Seulimeum-Jantho sepanjang 6,3 kilometer, dan Tol Padang-Pekanbaru ruas Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 kilometer.

Lalu, Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu ruas Bengkulu-Taba Penanjung Tol Binjai-Langka ruas Binjai-Stabat yang masing-masing membentang sepanjang 17,6 kilometer dan 12,3 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com