Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank OCBC Turunkan Bunga Kredit KPR, Ini Besarannya

Kompas.com - 01/11/2021, 20:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank OCBC NISP Tbk menurunkan suku bunga dasar kredit rupiah (SBDK) konsumsi KPR senilai 0,5 persen dibanding sebelumnya.

Corporate Communication Division Head OCBC NISP Aleta Hanafi mengatakan, KPR mengalami penurunan dari sebelumnya 8,80 persen menjadi 8,25 persen.

"Perubahan ini berlaku sejak 1 November 2021," katanya dalam keterangan pers, Senin (01/11/2021).

Menurut Aleta, penurunan ini hanya berlaku untuk konsumsi KPR. Sementara untuk SBDK korporasi, ritel dan konsumsi non-KPR tidak mengalami perubahan.

Baca juga: OCBC NISP Turunkan Bunga Kredit Korporasi 0,25 Persen

Dengan rincian korporasi senilai 8,75 persen, ritel 9,25 persen, dan konsumsi non-KPR 9,80 persen.

Sebagai informasi, hingga kuartal III-2021, Bank OCBC NISP meraih perolehan laba bersih sebesar Rp 2 triliun atau naik 5 persen yoy dari Rp 1,9 triliun pada periode yang sama di tahun 2020.

Peningkatan ini kontribusi dari Pendapatan Bunga Bersih yang mengalami pertumbuhan 9 persen yoy menjadi Rp 5,7 triliun hingga kuartal III 2021. Sedangkan, total aset bank tumbuh 7 persen yoy menjadi Rp 211,3 triliun.

Hal ini merupakan imbas dari keberhasilan pengendalian kasus Covid-19 mendorong roda perekomian untuk kembali normal. Salah satunya pun berdampak pada pulihnya minat masyarakat untuk membeli properti.

Pertumbuhan penyaluran KPR juga dialami oleh Bank OCBC NISP hingga September 2021, total portofolio tercatat tumbuh 15 persen dibandingkan Desember 2020.

Hal ini disebabkan oleh kenaikan yang cukup baik pada penyaluran KPR baru tercatat 26 persen dibandingkan Desember 2020.

Karena dorongan permintaan pasar akan rumah tinggal, khususnya dengan harga di bawah Rp 2 miliar dari segmen usia muda.

Dengan produk KPR Easy Start Bank OCBC NISP, nasabah muda dapat mencapai tujuan finansialnya. Salah satunya memiliki tempat tinggal dengan skema cicilan bertingkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com