Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Berapa Gerai UMKM di Rest Area Jalan Tol? Berikut Rinciannya

Kompas.com - 18/10/2021, 19:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan jalan tol tidak hanya memberi manfaat soal akses mobilitas masyarakat, melainkan juga menumbuhkan perekonomian.

Hal ini dilakukan melalui penyediaan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area di jalan tol untuk mengakomodasi gerai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pengembangan promosi produk lokal dan UMKM di rest area telah tertuang dalam Permen PUPR Nomor 28 Tahun 2021 tentang Tempat Istirahat dan Pelayanan Pada Jalan Tol yang mengatur fasilitas yang harus tersedia di TIP.

Sebelumnya Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, pengembangan rest area untuk fungsi promosi produk lokal dan UMKM sudah dimanfaatkan oleh investor dan sejumlah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

"Beberapa investor dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sudah memanfaatkan Permen (regulasi) ini," kata Danang kepada Kompas.com, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: 63 Ruas Tol dan 123 Rest Area Resmi Dinilai hingga 21 November

Melansir dari laman BPJT Kementerian PUPR, persentase tenant UMKM dan Non UMKM yang berada di rest area jalan tol seluruh Indonesia yakni sebanyak 76 persen UMKM dan 24 persen Non-UMKM.

Sehingga secara keseluruhan total UMKM yang sudah mendirikan gerainya di rest area terbagi menjadi sebanyak 1.409 UMKM dan 441 Non-UMKM.

Penyediaan fasilitas UMKM pada rest area dilaksanakan di sepanjang Jalan Tol di Pulau Jawa yang terdiri dari 64 TIP, di Jalan Tol Trans Sumatera sebanyak 21 TIP, dan Jalan Tol Pulau Kalimantan terdapat 1 TIP.

Teruntuk 1.409 gerai UMKM, rinciannya meliputi di wilayah Banten ada 143 UMKM. Mulai dari rest area Jalan Tol Jakarta-Tangerang, Jalan Tol Pondok Aren-Serpong, dan Jalan Tol Tangerang-Merak.

Selanjutnya di wilayah Jawa Barat sebanyak 419 UMKM di rest area Jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Cikampek-Palimanan, Jalan Tol Cikampek-Padalarang, Jalan Tol Padalarang-Cileunyi, dan Jalan Tol Palimanan-Kanci.

Baca juga: Bakal Ada Terminal Mini di Rest Area Jalan Tol, Bagaimana Realisasinya?

Kemudian di wilayah Jawa Tengah sebanyak 266 UMKM di rest area Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Semarang- atang, Jalan Tol Semarang ABC, Jalan Tol Semarang-Solo, dan Jalan Tol Solo-Ngawi.

Lalu di wilayah Jawa Timur ada 63 UMKM di rest area Jalan Tol Ngawi-Kertosono, Jalan Tol Surabaya-Mojokerto, Jalan Tol Surabaya-Gempol, dan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo.

Selain itu, di wilayah Sumatera sebanyak 514 UMKM di rest area Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, dan Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Kayuagung.

Dan, wilayah Kalimantan Timur terdapat 4 UMKM di rest area Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com