Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Ingin Menambah Kamar Mandi, Bagaimana Mengukur Dimensinya?

Kompas.com - 14/10/2021, 09:11 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Homenish

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah umum pada sebuah rumah tangga ketika keluarga berkembang dengan penambahan anggota baru, apakah itu kedatangan bayi atau kerabat yang lebih tua.

Jumlah kamar mandi yang ada menjadi tidak memadai. Banyak keluarga akan berdebat pada pagi hari ketika semua orang bersiap-siap untuk memulai  aktivitas dan mandi pada waktu yang sama.

Ketika anak-anak kecil sudah mulai dilatih menggunakan toilet, Anda mungkin merasa harus membutuhkan lebih banyak toilet yang tersedia, sehingga mereka dapat menggunakannya segera.

Baca juga: Ternyata, Ini Alasan Mengapa di Kamar Mandi Hotel Berbintang Tak Ada Ember dan Keran

Anda dapat menambahkan kamar mandi dalam ke kamar tidur mana pun di rumah yang memiliki ruang yang cukup dan saluran air yang sesuai.

Jika tidak memiliki sarana untuk membuat kamar mandi, Anda bisa berkreasi dengan area rumah yang tersembunyi dan kurang dimanfaatkan.

Salah satu cara populer yang dilakukan banyak orang untuk mendapatkan kamar mandi tambahan di lantai dasar adalah dengan mengubah ruang bawah tangga.

Jika membuat ruang baru untuk kamar mandi, Anda harus memastikannya memenuhi persyaratan ukuran minimum sehingga aman dan sesuai yang diinginkan.

Dengan memahami dimensi standar kamar mandi; maka Anda dapat mengetahui cara mengatur ukuran untuk ruang kamar mandi. Begini caranya:

1. Full Bathroom

Kamar mandi lengkap adalah kamar mandi yang mencakup toilet, wastafel, dan kombinasi bathtub atau shower.

Direkomendasikan bahwa kamar mandi jenis ini harus memiliki dimensi minimal 1,5 kali 2,5 meter.

Kamar mandi ini, memerlukan penggunaan bak mandi dengan ukuran minimum yang tersedia.

Jika Anda lebih suka memasukkan bak mandi yang lebih panjang daripada ukuran standar minimum, maka ukuran ruangan perlu ditingkatkan.

2. Shower Room (Full Bathroom)

Dikenal sebagai kamar mandi kecil yang lengkap berisi toilet, wastafel, dan pancuran. Pancurannya bisa berupa bilik pancuran atau bilik sudut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com