Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Baru Kejaksaan Negeri Gresik Diresmikan

Kompas.com - 08/10/2021, 21:00 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Menempati lahan seluas 6.000 meter persegi, gedung baru Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik seluas 4.429 meter persegi di Jalan Raya Permata, akhirnya diresmikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur Mohammad Dhofir, Jumat (8/10/2021).

Mohammad Dhofir mengatakan, dengan diresmikannya gedung baru ini dapat menjadikan motivasi, meningkatkan performa bagi warga Adhyaksa Kejaksaan Negeri Gresik, untuk siap menghadapi tantangan dan tuntutan tugas di tengah dinamika perubahan yang ada.

"Hadirnya gedung baru ini, hendaknya menjadi motivasi untuk memacu performa kinerja, terutama untuk siap menghadapi tuntutan tugas demi pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujar Dhofir.

Baca juga: Pangkas Biaya Logistik di KEK Gresik JIIPE, Pengelola Terapkan Cara Ini

Dia berharap, Kejari Gresik dapat mengoptimalkan kualitas pelaksanaan fungsi dan kewenangan, sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam memastikan terpenuhinya penegakan hukum yang berkeadilan.

Selain itu juga mencerminkan kepastian hukum dan membawa manfaat besar bagi masyarakat, dalam rangka mewujudkan keberhasilan penegakan hukum.

"Terlebih lagi, harus mampu mewujudkan keberhasilan penegakan hukum dan juga melayani masyarakat secara humanis," ucap Dhofir.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah menjamin pihaknya akan selalu mendukung langkah kejaksaan demi terciptanya kemaslahatan masyarakat di Kabupaten Gresik.

"Dengan adanya gedung baru ini, saya selaku Pemkab Gresik berharap, dapat digunakan untuk menjalankan tupoksi dengan menjunjung tinggi nilai Tri Krama Adhyaksa," kata Bu Min.

Baca juga: Dukung Kawasan Minapolitan, Kantor Pertanahan Gresik Tata Bantaran Bengawan Solo

Gedung baru Kejari Gresik dibangun dengan dana APBD yang dikucurkan secara multi years sejak 2019.

Dengan rincian, sekitar Rp 4,8 miliar pada 2019, kemudian APBD 2020 sebesar Rp18,8 miliar dan pada APBD 2021 untuk pengerjaan finishing senilai Rp 803 juta.

Kepala Kejari Gresik Heru Winoto mengatakan, gedung baru ini menjadi representaasi kehadiran kepastian dan ketertiban hukum dengan mengindahkan norma agama, kesopanan dan kesusilaan, serta wajib menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, hukum dan keadilan bagi masyarakat.

"Semoga dengan adanya gedung baru ini, dapat memaksimalkan layanan untuk masyarakat Gresik. Kami berkomitmen, untuk seluruh jajaran di Kejari Gresik dapat meningkatkan kinerja lebih baik dan pelayanan kepada masyarakat dapat kami laksanakan dengan optimal," tutur Heru.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com