Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutama Karya Jadi BUMN Pertama Peraih Sertifikasi BIM

Kompas.com - 04/10/2021, 09:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) meraih sertifikasi ISO 19650-2018 Kitemark dari PT British Standards Institute (BSI Group Indonesia) dalam penerapan inovasi Building Information Modelling (BIM).

Direktur Operasi I Hutama Karya Novias Nurendra mengatakan, perseroan menjadi BUMN pertama yang mendapatkan Sertifikat ISO 19650 BIM Kitemark.

Hal ini juga mengantarkan HK menjadi perusahaan pertama di tanah air yang tersertifikasi dalam tiga part sekaligus yakni, part 1,2, dan 5.

Ketiga part mencakup prinsip project delivery (pengiriman proyek) hingga security minded approach to information modelling (pendekatan yang berpikiran keamanan untuk pemodelan informasi).

“Artinya, ini menegaskan, penerapan BIM di Hutama Karya tak hanya berkutat pada
proses engineering (teknik), namun hingga aspek keamanan informasi pada setiap proyek yang digarap," kata Novias dalam keterangan tertulis, Minggu (4/10/2021).

Baca juga: Teknologi LiDAR di Tol Rengat-Pekanbaru Bawa Hutama Karya Raih Penghargaan Internasional

Menurut Novias, implementasi BIM ini tentu menjadi esensial pada masa digitalisasi yang penuh tantangan.

Dia menambahkan, keberhasilan Hutama Karya mendapatkan Sertifikat ISO 19650-2018 Kitemark tak lepas dari dukungan dan kerja sama seluruh pihak internal perusahaan
dalam optimalisasi penerapan teknologi pada proses bisnis yang dijalankan.

Novias menuturkan, proses sertifikasi ini telah memberi kesempatan bagi perusahaan menelaah proses dalam mengelola informasi.

Tujuannya, dalam mendukung transformasi digital dan mendorong penyelarasan kinerja masing-masing unit kerja demi memberikan kualitas produk terbaik.

Untuk diketahui, ISO 19650-2018 Kitemark merupakan sertifikasi dengan standar internasional penerapan implementasi BIM yang diakui industri secara global dimana menunjukkan tingkat maturitas organisasi dan komitmennya terhadap kepuasan klien.

Sertifikat BSI Kitemark merupakan level tertinggi di bidang BIM yang terdiri dari ISO 19650-1:2018-concept and principles of information management (konsep dan prinsip manajemen informasi).

Lalu, ISO 19650-2:2018-delivery phase of assets (fase pengiriman aset), dan ISO 19650-5:2020-security-minded approach to information management (pendekatan berpikiran keamanan untuk manajemen informasi).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com