Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Sebaiknya Beli Rumah? Hari Ini!

Kompas.com - 30/09/2021, 22:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial telah memiliki kesadaran akan pentingnya memiliki tempat tinggal dan tidak lagi bergantung dengan orang tua.

Akan tetapi, sebagian besar mereka tentu ada yang beranggapan untuk membeli rumah dengan cara menabung terlebih dahulu.

Hal itu merupakan hak masing-masing. Namun, Kementerian PUPR menyarankan agar generasi milenial tidak menunda soal keputusan pembelian rumah.

"Jadi kalau ditanya kapan sebaiknya membeli rumah? Jawabannya belilah hari ini," kata Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna dalam webinar bertajuk 'Tren Properti Incaran Milenial, Cara Mudah Punya Rumah', Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Sejumlah 100.000 Rumah Akan Dibangun di IKN, untuk Siapa Saja?

Menurut dia, hal ini karena harga rumah terus meningkat, sementara tabungan masih kalah cepat dalam mengejar peningkatan harga itu.

"Jadi jangan pernah berpikir untuk menabung terlebih dahulu baru membeli rumah, tapi membeli rumah dulu baru menabung," tutur Herry.

Salah satunya dengan cara memanfaatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) atau di bawah Rp 8 juta.

Program FLPP dipastikan masih tetap tersedia tahun depan dan bisa dimanfaatkan milenial Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Tahun 2022, program FLPP ditargetkan dapat membiayai 200.000 unit yang bisa dimanfaatkan milenial MBR. Apalagi nanti ada fasilitas kuota tambahan dari BP Tapera.

"Mudah-mudahan tahun depan bisa mencapai 390.000 unit," imbuhnya.

Baca juga: Beli Rumah Nyicil KPR atau Ngontrak Seumur Hidup? Kenali Plus Minusnya

Cara mengaksesnya juga mudah, bisa melalui aplikasi SiKasep. Sehingga proses pembelian rumah menjadi lebih sederhana.

Herry menjelaskan, populasi generasi milenial sekitar 26 persen dari total jumlah penduduk Indonesia yaitu sekitar 260 juta.

Dari total jumlah itu, sekitar 74 persen generasi milenial memanfaatkan FLPP. Kemudian generasi Z sekitar 12 persen.

"Memang dominasinya generasi milenial. Baik itu yang di perkotaan maupun di luar kota (kecil), baik itu rumah susun maupun rumah tapak," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com