Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Ke-108, Jakarta International Stadium Dipasangi Pintu Jendela dan Gipsum

Kompas.com - 29/09/2021, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki pekan ke-108, proyek Jakarta International Stadium (JIS) telah memasuki progres konstruksi 72,7 persen.

"Stadion Kita memasuki minggu ke-108 pada periode 17 sd 23 September 2021 dengan capaian 72,7283%," tulis akun Instagram resmi JIS @jakinstadium yang dikutip Kompas.com, Rabu (29/9/2021).

Dalam laman YouTube PT Wika Gedung, realisasi progres ini mengalami deviasi positif 0,24 persen dibandingkan rencana seharusnya, yaitu 72,48 persen.

Salah satu pekerjaan fisik proyek JIS yang tengah dilakukan adalah pembangunan pintu jendela dan plafon gipsum.

Lalu, bekisting balok perimeter sisi timur, precast tribun timur, bekisting balok perimeter sisi selatan, dan precast tribun selatan.

Kemudian, bekisting balok perimeter sisi barat, precast tribun barat, bekisting balok perimeter sisi utara, precast tribun utara, lapangan utama field of play (FOP), dan pemasangan track beam.

Selanjutnya, instalasi space frame outer maupun pekerjaan area taman Bersih Taman Wibawa (WBW).

Proyek pembangunan JIS digarap konsorsium WIKA Gedung, PT Jaya Konstruksi Tbk, dan PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dengan skema Kerja Sama Operasi (KSO).

Adapun anggaran yang digunakan untuk membangun stadion ini senilai Rp 4,08 triliun.

Baca juga: Jakarta International Stadium Gunakan Rumput Hybrid Impor dari Italia

JIS dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi serta ditargetkan rampung  pada tahun akhir 2021.

Stadion ini dirancang dengan kapasitas 82.000 penonton, dilengkapi atap yang bisa dibuka-tutup secara otomatis.

Mekanisme buka-tutup atap otomatis ini merupakan yang pertama di Indonesia. Tak hanya itu, terdapat juga sky-viewing deck di ketinggian 70 meter.

Beberapa stadion kenamaan dunia juga menerapkan kemampuan serupa, salah satunya Mercedes-Benz Stadium di Atlanta, Amerika Serikat.

JIS menjadi stadion pertama di Indonesia yang menggunakan rumput hybrid turf untuk lapangannya.

Rumput hybrid turf merupakan percampuran antara rumput alami dan sintetis.

Stadion modern ini dirancang sedemikian rupa sehingga membuat jarak tribun dan lapangan lebih dekat dengan tiga tingkatan, yakni lower tribun, middle tribun, dan upper tribun.

JIS juga memiliki beberapa fasilitas tertentu, seperti dua fasilitas lapangan latihan, restoran, ruang VIP, serta ruang ganti mewah.

Demikian halnya dengan fasilitas lainnya, seperti lahan parkir yang bisa menampung 800 mobil di parkir VIP dan VVIP yang diperuntukkan para pemain sepak bola dan 100 bus di lahan parkir.

Di sekitar stadion kelak akan dibangun sejumlah fasilitas umum dan sosial yang mengutamakan seni, budaya, dan lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com