Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duet Cemindo dan GRP Kembangkan Semen Ramah Lingkungan

Kompas.com - 28/09/2021, 08:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen Semen Merah Putih yakni PT Cemindo Gemilang Tbk (Cemindo) dan PT Gunung Raja Paksi Tbk (GRP) bakal mengembangkan semen ramah lingkungan.

Kerja sama ini akan direalisasikan dalam operasional pabrik yang terletak di Cibitung, Jawa Barat, sebagi upaya pengembangan bisnis serta memenuhi kebutuhan pasar.

Direktur Utama GRP Abednedju Giovano W Sangkaeng mengatakan, kerja sama ini turut mendukung upaya menghasilkan semen ramah lingkungan, dengan memanfaatkan by-product yang dihasilkan oleh GRP.

"Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung pengembangan usaha perusahaan dan memenuhi kebutuhan pasar akan produk semen yang berkualitas," kata Abednedju dalam keterangan resmi, Minggu (26/9/2021).

Baca juga: Ini Bahan Bangunan Pengganti Bata dan Semen

Menurut dia, pemanfaatan by product ini, adalah salah satu dari upaya perusahaan dalam menjalankan proses produksi yang semakin ramah lingkungan.

Selain itu, juga sebagai bagian dari roadmap menuju zero carbon.

Wakil Presiden Direktur PT Cemindo Gemilang Tbk Vince Erlington Indigo menambahkan, kerja sama ini merupakan bagian dari roadmap perusahaan yang berkomitmen untuk berupaya menurunkan emisi karbon sebagai bagian dari kepedulian terhadap lingkungan.

"Produk ramah lingkungan ini akan memberikan daya saing kepada perusahaan," katanya.

Selain itu, pengembangan ini guna mendukung upaya Pemerintah yang sedang dan terus berupaya untuk menjaga lingkungan hidup demi keberlangsungan generasi masa depan.

Seperti diketahui, GRP merupakan salah satu perusahaan baja swasta terbesar di Indonesia yang mempunyai kapasitas produksi 2,2 juta ton baja berkualitas tinggi setiap tahun yang disertifikasi oleh organisasi sertifikasi lokal dan internasional.

Baca juga: Semen Fiber Ciptakan Sensasi Pengalaman Berbeda di Rumah Anda

Sementara, Cemindo merupakan salah satu produsen semen terkemuka di Indonesia dan Vietnam. Dengan kapasitas produksi 15 juta ton semen per tahun.

PT Cemindo Gemilang Tbk telah memasarkan produk dengan merek dagang Semen Merah Putih di 17 provinsi di Indonesia.

Perusahaan ini merupakan kontributor terbesar untuk ekspor semen dan klinker dari Indonesia sejak tahun 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com