Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Melancong ke Abu Dhabi? Wisatawan Asing Wajib Miliki Green Pass

Kompas.com - 10/09/2021, 11:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber TTR Weekly

JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Abu Dhabi merupakan salah satu tujuan wisata populer bagi wisatawan asing.

Namun, karena pandemi Covid-19, pemerintah setempat melakukan pembatasan wilayah terutama bagi mereka yang berasal dari luar negeri.

Kini, para wisatawan asing bisa menikmati pengalaman berwisata di Abu Dhabi dengan leluasa bila memiliki Abu Dhabi Green Pass.

Seperti dikutip dari TTR Weekly, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata setempat mengungkapkan proses pendaftaran untuk mendapatkan green pass cukup sederhana.

Sebelum mengunjungi Abu Dhabi, turis asing mengunggah sertifikat vaksin atau dokumen pengecualian vaksinasi lima hari sebelum tanggal perjalanan.

Baca juga: Udaipur Didapuk Jadi Kota Terbaik di Asia, Ubud Nomor Dua

Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi Otoritas Federal untuk Identitas dan Kewarganegaraan (ICA) atau melalui situs web ica.gov.ae.

Mereka yang mengajukan permohonan akan menerima SMS konfirmasi yang akan menyertakan tautan ke aplikasi Alhosn. Aplikasi ini harus diunduh sebelum memulai perjalanan Anda.

Aplikasi Alhosn akan menampilkan status vaksinasi pengguna dan hasil tes PCR, yang diperlukan untuk mengaktifkan Abu Dhabi Green Pass.

Saat tiba, wisatawan akan menerima nomor ID Terpadu dari imigrasi bandara atau melalui aplikasi atau situs web ICA Smart. Nomor ID ini diperlukan untuk menyelesaikan pendaftaran di aplikasi Alhosn.

Setelah tes PCR di bandara, pengunjung dapat mengaktifkan Green Pass, yang memungkinkan mereka masuk ke semua ruang publik di Abu Dhabi.

Untuk wisatawan yang merupakan anak-anak di bawah 12 tahun dan penyandang disabilitas sedang dan berat dibebaskan dari tes PCR Covid-19.

Jika sudah memiliki green pass, maka wisatawan dari luar negeri tidak perlu lagi menjalani karantina. Namun mereka akan diminta untuk melakukan tes PCR lagi pada hari ke-6 setelah kedatangan.

Tes PCR akan berlangsung di hotel tempat sang wisatawan menginap, di mana pihak hotel akan mengatur tes PCR di tempat, untuk kenyamanan wisatawan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TTR Weekly
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com