Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terdampak Pandemi, Puluhan Megastore Pokemon di Jepang Tutup

Kompas.com - 30/08/2021, 21:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi covid-19 telah berdampak pada banyak sektor termasuk usaha ritel.

Keadaan yang tidak menentu pun memaksa 14 gerai Megastore Pokemon Center di Jepang harus tutup.

Megastore Pokemon Center merupakan surga bagi penggemar tokoh kartun tersebut. Berada di sana, membuat pengunjung seakaan tinggal di taman hiburan yang berisi monster-monster lucu.

Dikutip dari Japan Today, tak hanya menutup 14 gerai megastore mereka, perusahaan induk, The Pokemon Company juga akan menutup tujuh gerai Pokemon yang lebih kecil.

Baca juga: Bangkrut, Sears Tutup 80 Toko

Kabarnya, penutupan dilakukan hanya untuk sementara waktu mempertimbangkan lonjakan infeksi virus Covid-19 yang kian tinggi di Jepang.

Meski pihak perusahaan mengatakan hanya melakukan penutupan gerai untuk sementara waktu. Namun mereka tidak merinci kapan gerai tersebut akan dibuka kembali.

Gerai-gerai yang ditutup berada di pusat-pusat kota seperi Toko Pokemon di Tokyo, Yokohama, Osaka, dan Kyoto, akan segera dilakukan.

Pemberitahuan tersebut disampaikan oleh pihak perusahaan pada hari Kamis (26/8/2021) waktu setempat. Sejumlah 21 toko yang terkena dampak pun sudah ditutup pada Sabtu (28/8/2021).

Pengambilan keputusan oleh manajemen perusahaan bukan tanpa sebab. Pasalnya, pada Minggu (22/8/2021), seorang pekerja di cabang Pokemon Center Mega Tokyo terinfeksi virus corona.

Kemudian, pada hari Rabu (25/8/2021), pemerintah Jepang memperluas keadaan darurat di delapan prefektur, di mana Pusat dan Toko Pokemon berada.

Mega store Pokemon yang ditutup berlokasi di Sapporo, Tohoku, Tokyo DX, Mega Tokyo, Shibuya, Kota Skytree, Teluk Tokyo, Yokohama, Nagoya, Kyoto, Osaka DX, Osaka, Hiroshima dan Fukuoka.

Sementara itu, toko pokemon yang lebih kecil dan mengalami penutupan adalah yang berlokasi di Bandara Shin Chitose, Stasiun Tokyo, Bandara Narita, Gotemba, Outlet Kisarazu, Bandara Kansai, dan Okinawa Rycom.

Meskipun rencananya toko-toko tersebut akan dibua lagi bila keadaan aman, namun cabang Bandara Kansai akan ditutup secara permanen pada akhir bulan.

Kafe Pokemon di Tokyo dan Osaka akan ditutup sementara waktu. Begitu juga toko Pikachu Sweets yang ada di Tokyo.

Secara total, hanya empat gerai Pokemon yang tetap buka yakni yang ada di Pusat Pokemon Kanazawa, Toko Pokemon di Ehime, Oita, dan Prefektur Okayama.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com