Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akustik, Bagian Penting dari Kriteria Bangunan Ideal Masa Kini

Kompas.com - 27/08/2021, 19:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Jakarta, Kompas.com - Bangunan yang ideal adalah yang membuat nyaman para penggunanya. Bangunan diharapkan dapat memberikan perlindungan dari hal-hal eksternal yang bisa membahayakan. 

Kebisingan telah menjadi masalah terutama di kota-kota besar dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

Hal ini tentu dapat mengganggu produktivitas terutama bagi mereka yang membutuhkan fokus tinggi dalam bekerja. 

Baca juga: Pertama di Dunia, Rumah dari Serat Ganja

Untuk meredam kebisingan di sebuah hunian, sangatlah penting penggunaan sistem Heating Ventilating and Air Conditioning (HVAC) yang sesuai.

Dosen Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung Iwan Prasetiyo menuturkan, prinsip dari kebisingan dalam sistem HVAC sebuah bangunan adalah tidak ada bunyi yang menggangu komunikasi dalam sebuah ruangan.

“Yang penting orang bisa berkomunikasi dengan baik. Bila terdapat gangguan kebisingan (noise) maka perlu dilakukan analisis sehingga bisa diketahui penyebabnya dan mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut,” ujar Iwan dalam Special Talkshow with Isover Saint Gobain, “Mewujudkan Multi Comfort dari Kualitas Akustik Bangunan”, Jumat (27/8/2021).

Menurut Iwan, semua ruangan memiliki kebutuhan akustik yang berbeda-beda. Karena itu, sebaiknya instalasi akustik disesuaikan dengan kebutuhan ruang.

Misalnya, kantor CEO dirancang minim gangguang agar mereka dapat bekerja dengan penuh konsentrasi. Kemudian ruang meeting dirancang agar suara percakapan harus terdengar.

“Bila mengikuti standar global, pembangunan sebuah gedung tidak hanya memperhatikan kebutuan thermal (suhu) semata namun juga harus diperhatikan adalah masalah akustiknya,” tegas Iwan.

Sementara itu, Product & System Offering Horizontal Solution, Saint Gobain Indonesia Wenda Nuridahissan mengatakan, hunian yang baik harus memenuhi empat aspek utama.

“Mulai dari pencahayaan yang baik (visual), tingkat suara yang tepat (akustik), suhu (termal) dan kualitas udara (aspek udara). Bila semua terpenuhi makan sebuah bangunan akan terasa nyaman,” jelasnya.

Bila salah satu dari empat aspek tersebut tidak terpenuhi maka orang tetap akan merasa tidak nyaman ketika berada di ruangan.

“Karena itu, butuh suatu sistem HVAC yang bisa mengakomodir semua kebutuhan ini. Namun, sistem tersebut juga harus mudah diinstal sehingga tidak menyusahkan para pekerja yang memasang,” tambah Wenda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com