Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beroperasi Rabu Ini, Tol Balikpapan-Samboja Gratis Selama Dua Pekan

Kompas.com - 25/08/2021, 20:45 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja (Seksi 1 dan Seksi 5) sudah beroperasi dan bisa dilalui oleh masyarakat mulai Rabu (25/8/2021) tanpa tarif.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) Jinto Sirait mengatakan selama dua minggu ke depan, pengguna jalan dapat memanfaatkan segmen pemungkas jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut dengan tarif nol rupiah atau gratis. 

"Jadi selama dua minggu ke depan ruas Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja yaitu Seksi 1 dan Seksi 5 berperasi secara umum dengan tarif nol rupiah," kata Jinto dalam keterangan tertulis, Rabu (25/08/2021). 

Dengan dioperasikannya Seksi Balikpapan-Samboja, terdapat penambahan dua gerbang tol (GT) baru yang dioperasikan yaitu GT Manggar dan GT Karang Joang.

Baca juga: Tulang Punggung Pengembangan Ekonomi Itu Berjuluk Tol Balsam

Meskipun Seksi Balikpapan-Samboja beroperasi gratis, tetapi pengguna jalan tetap harus menyiapkan uang elektronik dengan saldo yang cukup untuk tapping sebelum memasuki GT. 

Pengendara yang melakukan perjalanan menerus menuju Samarinda melalui GT Palaran, akan tetap dikenakan tarif senilai tarif Seksi 2, 3, dan 4 (Seksi Samboja-Samarinda) yang telah lebih dulu beroperasi pada Juni 2020. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pekejaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda berharap beroperasinya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda secara penuh, semakin mengoptimalkan fungsinya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Kalimantan Timur.

“Dibukanya jalan tol ini, maka jalur mobilitas masyarakat, juga barang dan jasa dari Balikpapan ke Samarinda maupun sebaliknya menjadi lebih lancar dan membuat perekonomian di Kalimantan Timur akan semakin maju," kata Aji. 

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dirancang sepanjang 97,27 kilometer dengan masa konsesi selama 45 tahun.

Jalan tol ini memiliki 32 titik CCTV dan 5 titik VMS (Variable Message Sign) yang tersebar di sepanjang ruasnya.

Selain itu, untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengendara, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda juga dilengkapi dengan layanan lalu lintas di antaranya yaitu, 6 unit MCS (Mobile Customer Service), 4 unit ambulance, 2 unit kendaraan rescue, 8 unit kendaraan derek, dan 5 unit PJR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com