Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Tol Cibitung-Cilincing Segmen I Masih Gratis hingga HUT Kemerdekaan RI

Kompas.com - 07/08/2021, 19:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cibitung-Cilincing Segmen I Cibitung-Telaga Asih masih dioperasikan tanpa tarif alias gratis hingga Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76 atau jatuh Selasa (17/08/2021).

Direktur Utama PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTP) Thorry Hendrarto memastikan hal ini kepada Kompas.com, Sabtu (07/08/2021).

"Untuk bertarifnya, kami tunda menjadi mulai tanggal 18 (Agustus 2021) jam 00.00," terang dia.

Selain itu, pemberlakuan tarif tol ini juga mempertimbangkan kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah.

Sebelumnya, segmen ini beroperasi tanpa tarif sejak pertama kali dibuka yaitu Sabtu (31/07/2021) hingga Sabtu (07/08/2021).

Setelah diberlakukan, besaran tarif Tol Cibitung-Cilincing Segmen I Cibitung-Telaga Asih akan mengacu pada Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 838/KPTS/M/2021.

Baca juga: Sabtu Ini, Tol Cibitung-Cilincing Segmen I Beroperasi Gratis

Jalan Tol Cibitung-Cilincing Segmen I Cibitung-Telaga Asih membentang 2,65 kilometer yang masuk dalam wilayah Kabupaten Bekasi dan menghubungkan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) di KM 24 dengan Jalan Nasional Teuku Umar (Pantura).

Kendaraan yang akan menuju Cibitung/Cikarang Barat dan sekitarnya dari Tol Japek maupun sebaliknya saat ini sudah dapat ditempuh melalui jalan bebas hambatan tersebut.

Secara keseluruhan Tol Cibitung-Cilincing yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) memiliki panjang 34,76 kilometer dan bagian dari jaringan jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

Diharapkan setelah Tol Cibitung-Cilincing Segmen I Cibitung-Telaga Asih beroperasi, segmen berikutnya yang masih dalam tahap pembangunan dapat segera terselesaikan agar dapat beroperasi secara menyeluruh.

Adapun rincian tarif Tol Cibitung-Cilincing Segmen I Cibitung-Telaga Asih sebagai berikut:

  • Golongan I: Rp 5.500
  • Golongan II: Rp 8.000
  • Golongan III: Rp 8.000
  • Golongan IV; Rp 10.500
  • Golongan V: Rp 10.500
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com