Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Atasi Covid-19, PP Gelar Donor Darah dan Plasma Konvalesen

Kompas.com - 31/07/2021, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PP (Persero) Tbk melaksanakan kegiatan donor darah dan plasma konvalesen selama dua hari mulai Kamis (29/07/2021) hingga Jumat (30/07/2021) di Proyek Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sekretaris Perusahaan PP Yuyus Juarsa mengatakan, ini merupakan upaya perseroan guna mendukung dan membantu Pemerintah dalam mengatasi Pandemi Covid-19.

"Dalam kegiatan ini, PP melalui Tim Satgas Penanganan Covid-19 Perusahaan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia Unit Donor Darah DKI Jakarta," ujar Yuyus dalam siaran pers, Sabtu (31/07/2021).

Kegiatan donor darah merah dan plasma konvalesen digelar dengan menerapkan protokol  kesehatan Covid-19 secara ketat.

Setidaknya, ada 46 orang penyintas Covid-19 yang berasal dari pegawai, pekerja, dan pemilik Proyek Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru yang melakukan screening donor plasma konvalesen tersebut untuk membantu sesama.

Baca juga: 4 Hari, Waskita Gelar Vaksinasi Massal di Kelurahan Cipinang Cempedak

Untuk diketahui, plasma konvalesen merupakan plasma darah diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh dan diproses sebelum diberikan kepada pasien atau penderita.

Jadi, donor plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien atau pederita lain yang belum sembuh dari Covid-19.

Menurut Yusus, adanya donor plasma konvalesen ini dapat menyelamatkan jiwa manusia serta membantu Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Dia mengatakan, kegiatan itu juga salah satu upaya perusahaan dalam memberikan dukungan kepada masyarakat yang tengah berjuang melawan infeksi Covid-19.

Kegiatan donor plasma konvalesen ini merupakan kegiatan donor pertama yang diselenggarakan perusahaan sebagai salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun PTPP Ke-68 pada Agustus mendatang. 

Sementara Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nurlistyo Hadi mengatakan, PP juga sudah merencanakan kegiatan donor lain yang akan dilaksanakan di kantor Pusat maupun di daerah wilayah kerja perusahaan.

"Kami berharap, kegiatan yang saat ini sedang dilaksanakan di Proyek Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru dapat dijadikan contoh untuk pelaksanaan di tempat-tempat lainnya," tutur Hadi.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini secara rutin ke depannya, perseroan berharap dapat membantu memenuhi stok kebutuhan plasma konvalesen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com