Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ananta Wiyogo dan Heliantopo Dilantik Kembali Menjadi Direksi PT SMF

Kompas.com - 26/07/2021, 11:31 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua direksi PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF dilantik kembali oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Dipisahkan (DJKN).

Kedua direksi yang menjabat kembali tersebut yaitu Ananta Wiyogo sebagai Direktur Utama dan Heliantopo sebagai Direktur.

"Pengangkatan kembali dua direksi tersebut merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Keuangan Nomor Nomor 290/KMK.06/2021 tanggal 22 Juli 2021," kata Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kemenkeu RI Rionald Silaban dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (26/07/2021).

Rionald menjelaskan, keduanya ditugaskan kembali untuk memimpin SMF selama lima tahun ke depan.

Sebelumnya Ananta dan Heliantopo telah menjabat sebagai direksi pada periode 2016-2021.

Baca juga: Bantu Pemerintah, SMF Salurkan 25 Persen Dana KPR FLPP di IKN Baru

Penugasan kembali dua direksi tersebut merupakan apresiasi dari pemegang saham atas kinerja SMF yang mengalami peningkatan.

Terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19, SMF mampu mencatatkan kinerja keuangan yang cukup baik dan beberapa mandat dari pemegang saham telah berjalan sesuai harapan.

Seperti penugasan pemerintah dalam program Investasi Pemerintah untuk Pemulihan Ekonomi Nasional dan mendukung program penyediaan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

“Kesuksesan tersebut tidak terlepas dari kinerja para direksi dan manajemen SMF yang luar biasa," ujar Rionald.

Namun demikian, Rionald berharap SMF tidak berpuas diri atas prestasi dan kinerja di masa lalu sehingga membuat terlena dan lengah.

Dia meminta SMF untuk terus melakukan inovasi produk, improvisasi dan membuat berbagai terobosan dalam proses bisnis sebagai bagian dari learning and growth strategy yang berguna untuk mendukung langkah perusahaan dalam mengambil peran strategis pada eksosistem industri perumahan.

Untuk diketahui, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tahun 2005 di bawah Kementerian Keuangan, yang mengemban tugas sebagai Special Mission Vehicle (SMV) untuk membangun dan mengembangkan Pasar Pembiayaan Sekunder Perumahan.

SMF memiliki kontribusi penting dalam menyediakan dana menengah panjang bagi pembiayaan perumahan melalui kegiatan sekuritisasi dan pembiayaan.

SMF memiliki peringkat AAA untuk korporasi, yang diperoleh dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dan Fitch Rating.

Peringkat tersebut merupakan peringkat tertinggi yang menujukkan kemampuan SMF untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjangnya, serta profil permodalan yang sangat kuat, dengan didukung oleh kualitas aset yang sangat baik.

Selain itu, peringkat itu juga mencerminkan tingkat dukungan yang sangat kuat dari Pemerintah Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com