Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

390 Tempat Tidur Baru Pasien Covid-19 Disiapkan di RS Cipto Mungunkusumo

Kompas.com - 12/07/2021, 18:49 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih akan terus menambah kapasitas sarana rumah sakit (RS) untuk penanganan pasien Covid-19.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, tambahan kapasitas rumah sakit untuk pasien Covid-19 yang telah beroperasi hingga saat ini adalah Rumah Sakit Darurat Asrama Haji dan sarana isolasi mandiri di Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput di Jakarta.

“Kami sesuai dengan tugas dan fungsinya menyiapkan tambahan rumah sakit, tidak hanya tempat isolasi tapi rumah sakit,” kata Basuki dalam keterangan tertulis, Senin (12/07/2021).

Selanjutnya, Kementerian PUPR akan menyiapkan zona khusus penanganan Covid-19 di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Baca juga: Sabtu, RS Darurat Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede Siap Beroperasi

RSCM merupakan rumah sakit ketiga yang disiapkan Kementerian PUPR sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.

Terdapat 390 tempat tidur baru yang disediakan dan berlokasi tepatnya di lantai 2,3 dan 5 serta lantai 8, 9, dan 10 RSCM. Pengerjaan ini ditargetkan akan selesai dalam waktu tiga minggu.

"Kami baru saja diberi penugasan oleh Bapak Menteri Kesehatan untuk menyiapkan Rumah Sakit Kiara atau Paviliun Kirana Rumah Sakit RSCM menjadi Rumah Sakit Covid-19," kata dia.

Sedangkan RS Asrama Haji Pondok Gede telah beroperasi sejak Sabtu (10/07/2021). Total gedung yang disiapkan adalah lima gedung, yaitu Gedung A, B, C, H, dan D5.

Senin (12/07/2021) Gedung A RS Darurat Asrama Haji tercatat telah menampung sebanyak 40 pasien terpapar Covid-19.

Rumah Sakit Asrama Haji hanya menerima pasien rujukan dari rumah sakit atau puskesmas dengan dengan gejala ringan dan sedang.

“Di sana tidak ada ICU, yang ada hanya HCU (High Care Unit)," ucap Basuki.

Adapun untuk Gedung B juga sudah selesai dan telah dioperasikan mulai hari ini, Senin (12/07/2021).

Sementara Gedung C dan H ditargetkan mulai beroperasi besok, Selasa (13/07/201) dan Gedung D5 pada Kamis (15/07/2021).

Selain itu, terdapat juga Gedung D3 dan D4 sebagai Gedung Asrama Tenaga Kesehatan.

“Kami juga menginstal tanki liquid oxygen yang hari ini insyaallah akan selesai kita instal. Baru tadi malam jam 11 masuk dari Cilegon, sehingga langsung kita instal pada hari ini, mudah-mudahan malam nanti sudah selesai,” tutur Basuki.

Sedangkan untuk rumah sakit keempat, rumah sakit lapangan di daerah-daerah, akan disiapkan sesuai dengan perintah dari BNPB dan Menteri Kesehatan.

Basuki menambahkan, Kementerian PUPR siap turut serta menyiapkan rumah sakit lapangan sesuai dengan penugasan yang diberikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com