Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kawasan Eksklusif Termahal di Asia, Menteng Salah Satunya

Kompas.com - 11/07/2021, 13:40 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

 JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah kawasan ekslusif di kota-kota negara Asia dikenal sebagai konsentrasi properti mahal.

Kawasan tersebut acap kali menjadi tempat atau rumah bagi para taipan, kalangan tajir, selebritas ternama, atau profesional yang masuk dalam liga CEO Suites.

Baca juga: Ramai Rumah di Menteng dan Pondok Indah Diobral Murah, Ini Tanggapan Para Pengamat

Dilansir dari Tatler Asia, Mingu (11/07/2021), berikut tujuh kawasan ekslusif di Asia dengan harga properti termahal, Menteng Jakarta, salah satunya.

1. Mount Nicholson Road, Hong Kong

Mount Nicholson Road, Hong Konghk.asiatatler.com Mount Nicholson Road, Hong Kong
Hong Kong telah lama dikenal sebagai salah satu kota termahal di dunia. Pasar perumahan di negara ini juga dibanderol dengan harga yang sangat fantastis.

Pada April 2021, Knight Frank menerbitkan sebuah laporan yang menyatakan bahwa Hong Kong adalah kota termahal untuk properti sewa dengan rerata 6,7 juta dolar AS atau setara Rp 97 miliar per kaki persegi pada akhir tahun 2020.

Bukan rahasia harga sewa di Hong Kong Kong telah menjadi salah satu yang tertinggi di dunia selama bertahun-tahun, tapi itu jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya membeli rumah.

Pada bulan Februari tahun ini, sebuah rumah di Borrett Road, Mid-levels memecahkan rekor, terjual seharga 59 juta dolar AS atau setara Rp 855 miliar.

Baca juga: Penampakan Rumah Termahal Se-Indonesia, Harganya Setara Lamborghini Sesto

The Peak dan Mid-Levels yang populer sebagai kawasan eksklusif, menawarkan sederet properti dengan harga yang tidak masuk akal.

Meski demikian terlepas dari penjualan tersebut, Mount Nicholson Road masih dianggap sebagai kawasan termahal di Hong Kong.

Mount Nicholson Road Hong Kong juga secara resmi diakui sebagai kawasan termahal kedua di dunia, setelah 57th Street di New York.

Temuan ini dirinci dalam laporan Knight Frank 2020, yang menyatakan 35 rumah terjual lebih dari 25 juta dolar AS atau ekuivalen Rp 362 miliar dalam lima tahun terakhir.

Menurut laporan itu, meskipun Mount Nicholson Road berada di posisi kedua, tetapi sebenarnya memiliki label harga rata-rata tertinggi secara global, dengan angka 81,8 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,1 triliun.

Selain Mount Nicholson Road, lokasi eksklusif lain dengan harga properti tinggi juga terdapat di Mount Kellett Road, Conduit Road, Pollock's Path, Peak Road, Severn Road.

Altamount Road, Mumbaihk.asiatatler.com Altamount Road, Mumbai
2. Altamount Road, Mumbai

Altamount Road adalah kawasan perumahan ultra-eksklusif di Mumbai, yang juga dikenal sebagai "tempatnya barisan miliarder" India.

Jalan tersebut dinobatkan sebagai jalan termahal ke-10 di dunia dan menampilkan rumah orang terkaya India.

Baca juga: Sinarmas dan Hongkong Land Rilis Rumah Termahal Se-Indonesia Rp 30 Miliar Per Unit

Rumah Mukesh Ambani bernilai lebih dari 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 14,4 triliun dan dikenal sebagai rumah termahal sejagat raya.

Dia hanyalah salah satu individu miliarder India yang memiliki rumah di lokasi tersebut

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com