Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Pertengahan Tahun, Hutama Karya Kebut Pembangunan RS UNHAS

Kompas.com - 07/07/2021, 11:06 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki semester II tahun 2021, PT Hutama Karya (Persero) mengejar penyelesain proyek pembangunan renovasi Rumah Sakit Universitas Hasanuddin (RS UNHAS) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Proyek senilai Rp 161,45 miliar ini targetnya akan rampung pada akhir tahun 2021 mendatang. Proyek ini dimulai sejak akhir tahun 2020 lalu.

Hutama Karya dipercaya melakukan beberapa scope pekerjaan seperti struktur bangunan, arsitektur ekterior & interior, MEP, hingga Electrical Service & System.

Direktur Operasi II Hutama Karya Ferry Febrianto mengatakan progres renovasi sudah mencapai 40 persen.

Baca juga: RS Siloam Cito Surabaya Segera Dibuka, Sebagian untuk Pasien Covid-19

“Sekarang, progres proyek pembangunan renovasi RS UNHAS sudah mencapai lebih dari 40 persen. Secara umum dari bahan baku material pembangunan seluruhnya sudah on site,” ujar Febrianto dalam keterangan tertulis, Rabu (07/07/2021).

Jumlah tenaga kerja tercukupi dengan baik dan selalu dilakukan penerapan protokol kesehatan di lokasi proyek diterapkan dengan ketat. Karena itu, ia optimis proyek ini bisa selesai tepat waktu.

Ferry juga menjelaskan proyek RS UNHAS yang mereka tangani merupakan lanjutan dari tahapan sebelumnya dan terdapat beberapa bagian yang sudah beroperasi.

Karena itu, ketika dimulai perlu dilakukan pengecekan pekerjaan pada progress 0 persen.

Hal ini dilakukan agar perusahaan mengetahui batas lingkup pekerjaan serta mengidentifikasi potensi tambah kurang pekerjaan.

“Dengan kondisi ini tim di lapangan dituntut lebih pro-aktif dengan semua stakeholder agar pekerjaan bisa berjalan lancar,” ucapnya.

Baca juga: Operasional Rusun Pasar Rumput Ditangani RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet

Perusahaan juga melakukan langkah-langkah percepatan seperti monitoring & mapping secara berkala, membuat schedule, mendatangkan sumber daya, serta mengidentifikasi & memprioritaskan item pekerjaan yang memerlukan waktu produksi lama.

Pada proyek ini, Hutama Karya menerapkan teknologi Building Information Modelling (BIM) dengan berfokus pada 3D, 4D, dan 5D.

3D moideling diterapkan untuk visualisasi dan approval material, membantu acuan pekerjaan di lapangan, mapping area, export shop drawing serta clash detection.

Peran 4D Scheduling di proyek ini yaitu menyelaraskan master schedule dengan modeling gedung dan diupdate secara berkala.

Sedangkan untuk 5D Quantity digunakan saat cross check hitungan volume bangunan, serta jumlah pengadaan material.

Proyek RS UNHAS merupakan salah satu proyek milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, & Teknologi Republik Indonesia di wilayah timur Indonesia.

Kehadiran RS UNHAS diharapkan dapat hadir sebagai rumah sakit akademik, serta menjadi daftar fasilitas kesehatan bagi masyarakat Sulawesi Selatan khususnya saat Pandemi Covid-19.

Karena itu, Hutama Karya memastikan kualitas infrastruktur yang baik dari gedung RS UNHAS ini menjadi poin utama dalam pembangunannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com