Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Mana, Furnitur Kayu atau Plastik?

Kompas.com - 02/07/2021, 09:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak pilihan furnitur yang tersedia saat ini dengan berbagai ukuran, warna, dan gaya yang tersedia.

Dua material furnitur yang kerap dijumpai pada sebagian besar hunian di Indonesia adalah furnitur kayu dan plastik.

Furnitur kayu memiliki model yang lebih tradisional tetapi furnitur plastik juga menawarkan banyak manfaat.

Saat Anda membeli perabot, pastikan perabot tersebut harus cukup kuat dan bisa bertahan lama. Tidak ada yang ingin membeli furnitur yang hanya bertahan dalam beberapa bulan saja.

Baca juga: Ketahui Sederet Keuntungan Furnitur Kayu

Pemilihan jenis kayu dan plastik yang tepat dapat menentukan umur furntitur yang dibeli. Namun, tak dapat dipungkiri furnitur plastik tidak bisa bersaing dengan furnitur kayu soal ketahanannya.

Banyak mebel kayu yang berusia beberapa abad, namun tetap dalam kondisi bersih dan kinclong. Terlebih bila dilapisi cat mengkilap yang menjadikan tampilannya lebih mewah.

Saat terlindung dari rayap dan jamur, furnitur kayu akan tetap awet meski berada di area dengan lingkungan cuaca ekstrim.

Namun, dari segi harga furnitur kayu jauh lebih mahal daripada furnitur plastik.

Ilustrasi kursi kayu di taman rumah.PIXABAY/DEAN MORIARTY Ilustrasi kursi kayu di taman rumah.
Harga yang jauh melambung ini sebenarnya masuk akal karena kayu bisa bertahan lama sehingga Anda tak perlu sering-sering mengeluarkan uang untuk membeli yang baru.

Jika Anda mencari furnitur dengan biaya rendah, furnitur plastik sangat cocok.

Memang, material ini bertahan selama ratusan tahun seperti furnitur kayu tetapi dengan perawatan yang baik furnitur dari plastik dapat berumur panjang.

Perawatan kedua jenis furnitur ini tergolong mudah. Hanya perlu dibersihkan secara rutin dari debu dan harus cepat ditangani bila terkena noda.

Furnitur kayu dan plastik karena masing-masing memiliki kelebihannya sendiri.

Apakah Anda menginginkan kenyamanan dan kepraktisan dari furnitur plastik atau keindahan kayu alami yang tahan lama dari kayu?

Kedua jenis furnitur tersebut merupakan pilihan yang sangat baik. Pilihlah bentuk dan warna furnitur yang sesuai dengan dekorasi rumah secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com