Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Molor 10 Tahun, Akhirnya Pembangunan Tol Cijago Seksi 3 Dimulai

Kompas.com - 28/05/2021, 12:25 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3 Kukusan-Cinere sepanjang 5,4 Kilometer akhirnya dimulai pembangunannya.

Hal ini ditandai prosesi peletakan batu pertama alias groundbreaking yang dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

"Hari ini kita melakukan groundbreaking pembangunan Jalan Tol Cijago Seksi 3 Kukusan-Cinere sepanjang 5,4 Kilometer," kata Basuki, Jumat (28/05/2021).

Keberadaan Jalan Tol Cijago Seksi 3 ini akan melengkapi Jalan Tol Cijago Seksi 1 yang telah diresmikan tahun 2012 dan Seksi 2 yang dioperasikan sejak 2019.

Baca juga: Diwacanakan Sejak 2005 dan Gusur Rumah Real Estat, Tol Cijago Tak Kunjung Tuntas

"Kedua rentang sudah diresmikan. Nah sekarang ini kita rencanakan 5 kilometer dan ditargetkan selesai tahun depan," jelasnya.

Basuki menyebut proses pembangunan Jalan Tol Cijago molor pengerjaannya sekitar 10 tahun. Padahal, panjang Tol Cijago hanya 14,7 Kilometer.

Hal ini karena membangun jalan tol di perkotaan jauh lebih sulit dibanding membangun di daerah-daerah pedesaan.

Salah satu kendala Jalan Tol Cijago Seksi 3 adalah masalah pembebasan lahan warga yang tak kunjung usai.

"Jadi sudah hampir 10 tahun. Panjangnya hanya 14,7 Kilometer. Jadi bukan berarti kita ini lambat mengerjakan tapi memang di perkotaan tantangannya jauh lebih banyak, lebih besar," ungkap Basuki.

"Kalau tanah sudah bebas, pembangunan nfrastrukturnya jauh lebih cepat," sambungnya.

Meski demikian, Basuki mengucapkan terimakasih kepada PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang membangun dan mengoperasikan Jalan Tol Cijago.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada PT TLKJ, karena di tengah pandemi ini masih melakukan kegiatan kontruksi yang berarti juga membuka lapangan kerja," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT TLKJ Hilman Muchsin mengatakan konstruksi Jalan Tol Cijago Seksi 3 ditargetkan selesai dalam jangka waktu 1,5 tahun.

"Target kontruksi selesai pada akhir tahun 2022 sehingga dapat beroperasi pada awal tahun 2023," kata Hilman.

Melalui Pelelangan Terbatas, LMA-PPRE KSO ditetapkan sebagai kontraktor pelaksana pembangunan Jalan Tol Ruas Cijago Seksi 3 dan PT Multi Phi Beta ditetapkan sebagai konsultan pengawas pembangunan Jalan Tol Ruas CinereJagorawi Seksi 3.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com