Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Masa Gratis, Tol Serpong-Pamulang Dilintasi 525.000 Kendaraan

Kompas.com - 24/05/2021, 18:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang yang dioperasikan tanpa tarif terhitung tujuh minggu atau 51 hari sejak diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Kamis (01/04) dilintasi 525.000 kendaraan.

Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya Ayu Widya Kiswari mengatakan jumlah tersebut dihitung berdasarkan lalulintas kumulatif yang melintasi Ruas Cinere-Serpong. P

"erhitungan tersebut didominasi oleh kendaraan golongan I yaitu sekitar 97 persen dari total seluruh kendaraan yang melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang,” kata Ayu dalam keterangan tertulis, Senin (24/05/2021).

Baca juga: Selama Tiga Hari, 427.309 Kendaraan Masuk Jabotabek Lewat Jalan Tol

Berdasarkan data lalu lintas kendaraan yang didapatkan selama beroperasi tanpa tarif, PT CSJ mencatat Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) jalan tol ini adalah 10.264 kendaraan.

LHR tertinggi tercatat pada Hari Raya Idul Fitri, Kamis (13/05/2021), yakni sebanyak 13.209 kendaraan.

LHR Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang ini cenderung masih di bawah target PT CSJ.

Hal ini dimaklumi karena Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang yang telah diresmikan dan dioperasikan hanya bisa diakses hingga GT Pamulang, belum dapat tembus menuju Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

"Selain itu, pengendalian transportasi di jalan tol dalam rangka pengetatan dan peniadaan mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H juga berdampak pada mobilitas masyarakat yang cukup berpengaruh pada LHR jalan tol ini,” sambung Ayu.

Ayu menambahkan, bagi pengendara yang menuju Jalan Tol Cijago melalui akses Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dapat keluar di GT Pamulang dan melanjutkan perjalanan via jalan nasional/arteri dan masuk kembali ke jalan tol melalui GT Kukusan Jalan Tol Cijago.

"Kami optimistis ke depannya, jika jalan tol ini sudah menerus hingga Jalan Tol Cijago, target lalulintas dapat tercapai, karena akan memudahkan pengguna jalan yang berasal dari Serpong, Pamulang dan sekitarnya menuju Cinere, Bogor, Ciawi dan sekitarnya melalui Jalan Tol Cijago dan Jalan Tol Jagorawi," tutup Ayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com