Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuisisi Lahan Sentul City, Genting Property Bangun Pusat Gaya Hidup Premium

Kompas.com - 18/05/2021, 20:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembang asal Malaysia, Genting Property Sdn Bhd secara resmi masuk ke Indonesia dengan mengakuisisi lahan Sentul City, Bogor, Jawa Barat, seluas 9,4 hektar.

Melalui anak usaha PT Genting Properti Nusantara dan PT Genting Properti Cemerlang, mereka menuntaskan transaksi jual beli lahan dengan PT Sentul City Tbk, Selasa (18/05/2021).

Pengambilalihan lahan yang berada di jantung commercial business district (CBD) Sentul City, ini merupakan aksi korporasi perdana Genting Property di Jabodetabek, sejalan dengan rencana ekspansi internasional mereka.

Baca juga: Jual Mal, Sentul City Kantongi Rp 1,9 Triliun dari Investor Jepang

Presiden Direktur PT Sentul City Tbk Tjetje Muljanto menuturkan, transaksi dengan Genting Property merupakan tonggak sejarah baru bagi Sentul City.

"Mereka akan membangun premium lifestyle center yang mencakup komponen leisure, entertainment, dan pusat perbelanjaan premium," ungkap Tjetje menjawab Kompas.com, Selasa (18/05/2021).

Menurtu Tjetje, lifestyle center ini adalah komponen utama dari rancangan induk terpadu Sentul City dan akan mendukung fasilitas-fasilitas lainnya yang telah dibangun seperti IKEA dan Aeon Mall.

Transaksi ini juga memberi peluang emas bagi Perseroan untuk merealisasikan nilai lahan tersebut dan meningkatkan kinerja keuangan.

Tjetje mengharapkan, lifestyle center ini akan meningkatkan daya tarik Sentul City sebagai Eco City yang memadukan alam dengan gaya hidup modern.

Presiden Komisaris PT Sentul City Tbk Basaria Panjaitan menambahkan, investasi Genting Property merupakan penanda kepercayaan investor mancanegara pada peluang bisnis di Sentul City.

"Kehadiran mereka dapat menjadi katalis pengembangan wilayah Jabodetabek melalui pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja," ujar Basaria.

Pembangunan fisik lifestyle center ini akan dimulai pada akhir 2021 atau paling lambat awal tahun 2022 mendatang.

Untuk diketahui, Genting Property adalah anak perusahaan Genting Plantations Berhad yang bergerak di bidang properti dan mulai beroperasi tahun 1993.

Kini Genting Property memiliki dua portofolio utama di Genting Indahpura di Kulai, Johor, dan Genting Pura Kencana di Batu Pahat, Johor.

Genting Indahpura dikenal sebagai tuan rumah Johor Premium Outlets (JPO), premium outlets pertama di Malaysia dan Asia Tenggara yang beroperasi pada 2017.

Dalam mengembangkan JPO, Genting Property menggandeng Simon Property Group asal Amerika Serikat dengan komposisi kepemilikan masing-masing 50 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com