Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2021, 17:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Adhi Karya (Persero) Tbk siap berpartisipasi dalam pembangunan ibu kota negara (IKN) baru di Provinsi Kalimantan Timur.

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson mengungkapkan hal itu dalam webinar Mengukur Infrastruktur, Rabu (21/04/2021).

"Mungkin nanti akan banyak yang terlibat, terutama karya-karya (BUMN karya). Dan tentu kami juga akan ikut di pekerjaan itu," tutur Entus.

Keterlibatan Adhi Karya kemungkinan tidak hanya pada pembangunan IKN baru saja, tetapi juga fasilitas penunjang di daerah tersebut. Misalnya, bendungan, peningkatan jalan, dan lain sebagainya.

"Ini memang sudah mulai kelihatan di daftar lelangnya yang sedang kami ikuti. Tentu kami akan ikut serta pada proyek IKN itu," lanjut Entus.

Entus menambahkan, pembangunan IKN baru memang cukup memakan banyak lahan.

Pada tahap awal, penggarapan lahan untuk pembangunan tentu akan melibatkan banyak BUMN Karya.

Baca juga: Jokowi Minta Masukan Masyarakat atas Pra-desain Istana Negara Karya Nyoman Nuarta

Entus pun menyoroti pra-desain istana negara di IKN baru yang sangat santer dibicarakan belum lama ini.

Dia berharap, Adhi Karya bisa ikut terlibat dalam proyek pembangunan tersebut.

Sebagaimana diketahui, salah satu usulan pra-desain istana negara di IKN yaitu karya pematung Nyoman Nuarta yang berbentuk burung garuda.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata juga menyatakan, desain istana negara karya Nyoman Nuarta merupakan gagasan awal sehingga prosesnya terus bergulir.

“Desain istana IKN baru yang berbentuk burung garuda tersebut adalah rancangan biro arsitek NuArt Consultant yang dimiliki Nyoman Nuarta," kata Rudy dalam keterangannya, Kamis (1/4/2021).

Rudy menambahkan, desain tersebut merupakan gagasan awal yang dapat diperdalam dan didiskusikan bersama para ahli di bidang arsitektur dan perencana.

Untuk pembangunan istana negara, Kementerian PPN/Bappenas serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga telah menyelaraskan materi Rencana Induk IKN dan Urban Design IKN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com