Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Nyoman Nuarta Buka Suara Soal Sayembara Desain Istana Negara Burung Garuda

Kompas.com - 01/04/2021, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah bakal membangun kantor kepresidenan RI atau istana negara di ibu kota negara (IKN) baru, Kecamatan Sepaku, Provinsi Kalimantan Timur.

Namun, sebelum konstruksi dimulai, pro dan kontra mengemuka, terutama setelah lima asosiasi profesional menyatakan sikap dan rekomendasinya atas karya desain metafora burung garuda.

Kelima asosiasi profesional itu adalah Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), Ikatan Ahli Rancang Kota Indonesia (IARKI), Ikatan Arsitek Landskap Indonesia (IALI), Ikatan Ahli Perancangan Wilayah dan Kota (IAP), dan Green Building Council Indonesia (GBCI).

Tak hanya kelima asosiasi profesional, pendapat kontra juga dikemukakan Dewan Arsitek Indonesia (DAI) yang diwakili Bambang Eryudhawan.

Menanggapi hal itu, Nyoman menceritakan duduk perkara dirinya dalam mengikuti proses sayembara perancangan istana negara IKN secara kronologis.

Awalnya, Nyoman mendapatkan undangan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menghadiri Rapat Koordinasi Sayembara Istana di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara, Kamis, (27/2/2021).

Artikel tersebut menjadi berita terpopuler di kanal Properti Kompas.com edisi Kamis (1/4/2021).

Lantas, seperti apa kronologi selengkapnya?

Selanjutnya baca di sini Nyoman Nuarta Buka Suara, Ini Kronologi Rancangan Istana Negara Burung Garuda

Akad kredit massal bagi 4.675 peserta untuk penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) digelar oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI di Pendopo Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Selasa (30/3/2021).

Menurut Direktur Layanan dan Jaringan BNI Ronny Venir, FLPP saat ini menjadi engine credit consumer di BNI.

Kami saat ini menempati posisi kedua sebagai bank penyalur KPR subsidi," tutur Rony dalam siaran pers, Selasa (30/3/2021).

Lalu, berapa besaran penyaluran dana FLPP BNI pada tahun ini?

Selengkapnya baca di sini BNI Gelar Akad Kredit KPR FLPP Massal bagi 4.675 MBR

Lima asosiasi profesional membuat pernyataan sikap dan mengkritik rencana, rancangan, dan gambar ibu kota negara (IKN) baru di Kecamatan Sepaku, Provinsi Kalimantan Timur.

Ini tak lain karena desain bangunan istana negara yang berbentuk burung Garuda.

Perancang desain istana negara burung garuda Nyoman Nuarta menjelaskan, patung itu  diambil sebagai bentuk rancangan istana negara yang tak berhenti hanya sebagai landmark sebuah kawasan, melainkan lebih pada perwujudan pencapaian sinergi antara seni, sains, dan teknologi.

Mengapa demikian?

Anda bisa mengetahui jawabannya melalui tautan ini Makna Filosofis di Balik Desain Istana Negara Berbentuk Burung Garuda

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com