Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 Resmi Berlaku Sabtu, Ini Rinciannya

Kompas.com - 26/03/2021, 18:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tarif Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) secara resmi diberlakukan mulai Sabtu, 27 Maret 2021 pukul 00.00 WIB.

Tarif tol tersebut diberlakukan setelah masa sosialiasi selama empatbelas hari yaitu sejak 10 Maret 2021.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) PT Hutama Karya (Persero) J Aries Dewantoro mengatakan diberlakukannya tarif jalan tol ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 198/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol
Sigli-Banda Aceh Segmen Jantho-Indrapuri-Blang Bintang.

Sebelumnya jalan tol tersebut telah dibuka tanpa tarif selama lebih dari dua minggu dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat sekitar khususnya mengenai penggunaan Uang Elektronik (UE) sebagai alat pembayaran di jalan tol.

Baca juga: Daftar Lengkap 17 Jalan Tol yang Diresmikan Jokowi Tahun 2021

"Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 ini juga akan menerapkan sistem transaksi tertutup,” kata Aries, Jumat (26/03/2021).

Aries menjelaskan selama masa sosialisasi berlangsung kendaraan yang melintas meningkat dibandingkan dengan Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) sebelum dibukanya Seksi 3 Jantho-Indrapuri.

Sejak 10 Maret hingga 24 Maret 2021, sebanyak 25.705 kendaraan melintasi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 dengan LHR sebanyak 1.714 kendaraan.

Ini artinya terjadi peningkatan sebesar 248 persen dibandingkan dengan LHR pada saat dibuka secara funggsional pada bulan Maret 2021 lalu yakni mencapai 492 kendaraan.

"Kami akan menambahkan beberapa fasilitas untuk menunjang operasional Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 ini dengan menambahkan sebanyak 34 Unit CCTV, 3 Unit VMS dan 1 lokasi Top-Up di gerbang Jantho” ujar Aries.

Baca juga: Sejarah Jagorawi, Jalan Tol Pertama dan Terbaik di Indonesia

Jika Jalan Tol Sigli-Banda Aceh terhubung secara penuh, akan dilengkapi dengan tujuh Gerbang Tol (GT) yakni GT Padang Tiji di KM 00, GT Seulimeum di KM 25, GT Jantho di KM 31, GT Indrapuri di KM 47.

Lalu GT Blang Bintang di KM 61, GT Kuta Baro di KM 69 dan GT Baitussalam di KM 74, serta enam Simpang Susun atau Interchange yakni IC Padang Tiji, IC Seulimeum, IC Jantho, IC Indrapuri, IC Blang Bintang dan IC Kuta Baro.

Beroperasinya jalan tol ini diharapkan mempercepat waktu tempuh dan memperlancar konektivitas antar-wilayah.

Selain itu juga dapat dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan memperlancar arus transportasi masyarakat.

"Pembukaan rute ini kami harapkan dapat merangsang pergerakan barang dan membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," ujar dia.

Berikut rincian tarifnya:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com