Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-Ambles, Contraflow di Km 122 Tol Cipali Masih Diberlakukan

Kompas.com - 11/02/2021, 11:33 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya, anak usaha Astra Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) memberlakukan contraflow atau rekayasa lalu lintas Tol Cipali sepanjang 1 kilometer mulai dari Km 121+800 sampai Km 122+800.

Contraflow diberlakukan sebagai upaya normalisasi lalu lintas di Km 122 pasca-ambles pada Selasa (09/02/2021).

“Mulai hari ini, kami mengoperasikan pengalihan arus lalu lintas contraflow yang semula 9 kilometer menjadi 1 kilometer sesuai jadwal," kata Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo dalam keterangan tertulis, Kamis (11/02/2021).

Baca juga: Astra Memulai Pembuatan Jalan Sementara 200 Meter di Tol Cipali

Agung berharap lalu lintas akan lebih lancar dan Tol Cipali siap melayani arus utama logistik yang biasanya melalui jalur Pantura yang saat ini belum dapat beroperasi secara normal diakibatkan masih tertutup oleh genangan air.

Sementara untuk tahap berikutnya akan dibangun jalan sementara sepanjang 200 meter yang saat ini sedang dalam proses land clearing dan sheetpile atau penanaman pondasi baja yang berguna untuk menahan pergerakan tanah.

"Saat ini sheetpile sudah terpasang sepanjang 7 meter dan diprediksi pekerjaan pembuatan jalan di median ini akan dioperasikan secara normal dalam 10 hari ke depan," ujarnya.

Jika kelak pembuatan jalan sementara ini maka pengguna jalan dapat berkendara sesuai lajur masing-masing yang nantinya tidak ada lagi contraflow di Tol Cipali.

Menjelang libur panjang akhir pekan dalam rangka Tahun Baru Imlek, Astra Tol Cipali memastikan siap melayani pengguna jalan dengan lancar, aman dan nyaman namun tetap tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com