Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cipali Km 122 Ambles, Contraflow Arah Jakarta Diberlakukan

Kompas.com - 09/02/2021, 11:41 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Lintas Marga Sedaya, anak usaha Astra Infra Toll Road Cikopo Palimanan (Cipali), melakukan rekayasa lalu lintas (contraflow) sepanjang 9 kilometer arah Jakarta di Ruas Tol Cipali mulai Selasa (9/2/2021).

Penerapan rekayasa lalu lintas tersebut dilaksanakan karena adanya sejumlah perbaikan jalan di ruas jalan tol tersebut.

Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, curah hujan yang tinggi dan terus-menerus yang terjadi di wilayah Jawa Barat khususnya di Ruas Tol Cipali mengakibatkan kondisi jalan rusak.

Karenanya, harus segera dilakukan pekerjaan perawatan jalan, terutama pada ruas Km 122+400 arah Jakarta yang ambles.

Baca juga: Astra Kampanyekan Bulan Keselamatan Berkendara di Tol Cipali

Kondisi tersebut menyebabkan jalan tidak dapat dilalui oleh kendaraan sehingga dilakukan penutupan dan diberlakukan contraflow.

“Saat ini diberlakukan contraflow mulai dari Km 117 hingga Km 126 untuk mengurai kepadatan lalin," kata Agung dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (9/2/2021).

Adapun contraflow dilakukan dengan cara membuat lajur darurat di median. Hal itu bertujuan untuk mengurangi beban lalu lintas di ruas tol tersebut.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan kontraktor untuk melakukan pekerjaan perawatan jalan pada Km 122+400, diperkirakan memakan waktu dua minggu,” ujar Agung.

Astra Tol Cipali telah berkoordinasi dengan kepolisian dalam melakukan rekayasa lalu lintas ini.

Agung memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pengguna jalan, terutama atas diberlakukannya contraflow tersebut.

"Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol, tetap berhati-hati, dan menaati rambu-rambu, terutama di sekitar lokasi pekerjaan," seru Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com