Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Nomor 5 di Asia Tenggara dengan Skor 3,15 Indeks Logistik

Kompas.com - 28/12/2020, 15:04 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pendorong integral pertumbuhan sektor logistik di Indonesia adalah kegiatan ekspor dan impor.

Tetapi, pada tahun 2019 lalu, Indonesia mengalami penurunan nilai ekspor dan impor sebanyak 8 persen dibandingkan pada tahun 2018.

Pada tahun 2018, Indonesia memiliki pendapatan dari ekspor senilai 180 miliar dollar AS atau setara Rp 2.550 triliun dan susut menjadi 167 miliar dollar AS atau senilai Rp 2.336 triliun pada tahun 2019.

Sementara impor Indonesia pada tahun 2018 senilai 188 miliar dollar AS atau setara Rp 2.663 triliun ini turun menjadi 170 miliar dollar AS atau menjadi Rp 2.408 triliun pada tahun 2019.

Dengan catatan ini, Indeks Kinerja Logistik Indonesia jauh tertinggal dibanding negara lainnya di Asia Tenggara. Bahkan, Indonesia hanya menempati urutan ke-5 di Asia Tenggara.

Director Research Consultancy Savills Indonesia Anton Sitorus mengatakan, Indonesia meraih skor 3,15. Posisi Indonesia di bawah Singapura, Thailand, Vietnam, serta Malaysia.

Baca juga: Logistik, Sektor Favorit Pengembang Lokal dan Internasional

"Dengan skor total dari 3,15, Kinerja Indeks Logistik kita masih tertinggal dibandingkan dengan negara tetangga," ujar Anton dalam laporannya, Senin (28/12/2020).

Jika dibandingkan tahun 2016, Indonesia memiliki skor sebesar 3,46 yang dipengaruhi oleh pertumbuhan gudang dan fasilitas logistik di Indonesia.

Angka ini disumbang dari pesatnya pertumbuhan gudang modern dari investor lokal maupun asing.

Sebut saja, investor asing seperti LOGOS Metrolink Logistic Hub yang membangun gudang modern pertama di Bekasi.

Selain itu, ada beberapa pemain lokal seperti Mega Manunggal Property yang memiliki gudang modern di berbagai lokasi Jabodetabek yaitu Bekasi, Bogor, maupun Depok. 

Anton mengatakan, gudang modern biasanya memiliki fasilitas 24 jam keamanan jam, tinggi lantai ke langit-langit antara 5 hingga 6 meter, banyak ruang muat (biasanya terletak di
setiap lantai).

Kemudian, berbagai fasilitas seperti kantor, kantin, dan beberapa lift kargo untuk menampung banyak orang di setiap lantai gedung.

"Tidak hanya itu, gudang modern juga digunakan dengan fasilitas infrastruktur Teknologi Informasi (TI) untuk memasok, mengelola, dan mengirimkan barang," pungkas Anton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com