Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akuisisi Dua Mal dan Hotel Bintang Lima, Pakuwon Kucurkan Rp 1,359 Triliun

Kompas.com - 30/11/2020, 11:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar pengambilalihan dua pusat belanja Hartono Lifestyle Mall Jogja dan Hartono Lifestyle Mall Solo diumumkan PT Pakuwon Jati Tbk melalui laman resmi Bursa Efek Indonesia pada 25 November 2020.

Dalam surat bernomor 054/PJ-CS/XI/2020 tentang Laporan Informasi atau Fakta Material Pembelian atau penjualan aset yang sifatnya penting, Sekretaris Perusahaan PT Pakuwon Jati Tbk Minarto Basuki mengatakan bahwa Perseroan telah membeli dua aset tersebut.

Selain dua pusat belanja, Perusahaan yang berbasis di Surabaya, Jawa Timur, ini juga mengakuisisi hotel bintang lima Marriott Hotel Jogja yang berada dalam satu kompleks dengan Hartono Lifestyle Mall Yogyakarta di Jl Ringroad Utara, Kaliwaru, Condong Catur, Sleman.

Aset-aset komersial yang dikembangkan dan dimiliki oleh PT Delta Merlin Dunia Properti tersebut dibeli dengan nilai Rp 1,359 triliun.

Baca juga: Pakuwon, Pemilik Mal Terluas Se-Indonesia dengan Total 66,3 Hektar

Menurut Minarto, alasan dibelinya Hartono Lifestyle Mall Jogja, Marriott Hotel Jogja dan Hartono Lifestyle Mall Solo, adalah sebagai langkah diversifikasi geografis untuk memperoleh potensi atau peluang basis pertumbuhan baru di luar Surabaya dan Jakarta.

"Adapun sumber pendanaan untuk pembelian berasal dari kas internal Perusahaan," kata Minarto dalam suratnya kepada Kompas.com, Senin (30/11/2020).

Perusahaan, lanjut Minarto, memiliki sumber daya yang cukup untuk mengelola tambahan portofolio properti ini.

Hal ini karena kondisi keuangan berupa posisi kas dan setara kas Perusahaan cukup untuk mendanai pembelian di atas dan tidak akan mengganggu stabilitas arus kas Perusahaan.

Dengan transaksi tersebut, Perusahaan menambah portofolio properti dalam keadaan beroperasi, yang akan semakin memperkuat basis pertumbuhan dari peningkatan pendapatan berulang (recurring income) maupun arus kas Perusahaan untuk tahun-tahun mendatang.

Dengan demikian, aset retail mall milik Perusahaan menjadi sekitar 800.000 meter persegi atau 80 hektar dari sembilan aset.

Hartono Lifesty Mall Jogja sendiri  memiliki luas total gross floor area (GFA) 220.000 meter persegi dan net leasable area (NLA) 80.000 meter persegi di atas lahan berdimensi 6,2 hektar.

Dengan luas bangunan sebesar itu, Hartono Lifestyle Mall Jogja mengalahkan mal-mal lainnya di Yogyakarta dan Jawa Tengah seperti Paragon City Semarang (120.000 meter persegi), Plaza Ambarrukmo (120.000 meter persegi), dan Solo Paragon Mall (60.000 meter persegi).

Sementara Hartono Lifestyle Mall Solo yang tuntas dibangun pada 2012, didesain dengan luas GFA 100.000 meter.

Berlokasi di Jalan Ir Soekarno, Solo Baru, Madegondo, Grogol, Sukoharjo, pusat belanja ini menjulang sembilan lantai.

Saat beroperasi perdana pada 19 Oktober 2012, penyewa utamanya adalah Hypermart. Kemudian disusul Matahari Department Store pada 23 November 2012.

Berikut portofolio retail mall PT Pakuwon Jati Tbk:

  • Gandaria City Mall, Jakarta
  • Kota Kasablanka Mall, Jakarta
  • Blok M Plaza, Jakarta
  • Tunjungan City Mall 1-6, Surabaya
  • Pakuwon Mall, Surabaya 
  • Pakuwon City Mall, Surabaya
  • Royal Plaza, Surabaya
  • Hartono Lifestyle Mall Jogja
  • Hartono Lifestyle Mall Solo

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com