Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Akhir 2020, Ada Lima Ruas Tol JORR II yang Akan Beroperasi

Kompas.com - 09/11/2020, 18:16 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memastikan konstruksi 11 ruas tol baru sepanjang 125 kilometer bakal tuntas hingga akhir Desember 2020.

Dari kesebelas jalan tol yang ditargetkan selesai konstruksi, terdapat lima ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II yang telah dan siap beroperasi pada tahun ini.

Kelima ruas tol tersebut yakni, Tol Depok-Antasari Seksi II (Brigif-Sawangan) Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 (Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya), Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Cibitung-Gabus Indah/Cibitung-Telaga Asih), Tol Serpong-Cinere Seksi 1 (SS Serpong-SS Pamulang), serta Tol Cengkareng-Kunciran.

Tol pertama yang sudah beroperasi adalah Tol Depok-Antasari Seksi II (Brigif-Sawangan) pada Jumat (3/7/2020).

Baca juga: 10 November, Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 Dibuka Tanpa Tarif

Tol Desari Seksi II sedianya beroperasi pada Juni 2020, menyusul progres konstruksi yang sudah mencapai 100 persen

Untuk diketahui, Tol Desari dirancang dengan total panjang keseluruhan 21,6 kilometer dan terbagi menjadi empat seksi.

Seksi I (Antasari-Brigif) sepanjang 5,80 kilometer yang sudah diresmikan dan beroperasi pada 2018, dan Seksi II (Brigif-Sawangan) sepanjang 6,30 kilometer.

Kemudian, Seksi III (Sawangan-Bojong Gede) sepanjang 9,50 kilometer, dan Seksi IV (Bojong Gede-Salabenda) sejauh 6,4 kilometer.

Kemudian, Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 1 (Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya) siap beroperasi Selasa (10/11/2020).

Peta Jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2ATI Peta Jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan, pengoperasian Seksi 1 tol tersebut tanpa dikenakan tarif alias gratis.

Baca juga: Pemerintah Janjikan Sebelas Jalan Tol Baru Tuntas Akhir 2020

"Dibukanya ruas ini tanpa tarif merupakan bagian dari sosialisasi kepada masyarakat hingga akhir November 2020,” tegas Danang.

Bahkan, Gerbang Tol (GT) Cimanggis 4 dan 5 yang menjadi akses masuk dan keluar dari Tol Cimanggis-Cibitung menuju Tol Jagorawi dan sebaliknya juga akan dibuka pada waktu bersamaan.

Jalan tol sepanjang 26,2 kilometer tersebut terdiri dari Seksi I (Junction Cimanggis-On/Off Ramp Jatikarya) sepanjang 2,8 kilometer dan Seksi II (On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung) sepanjang 23,4 kilometer.

Sementara itu, progres konstruksi Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2 (On/Off Ramp Jatikarya-Junction Cibitung) mencapai 73 persen dan ditargetkan selesai pada Maret 2021 mendatang.

Proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC), Kamis (10/10/2019).KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGA Proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC), Kamis (10/10/2019).
Lalu, Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 (Cibitung-Gabus Indah/Cibitung-Telaga Asih) sepanjang 2,60 kilometer juga akan beroperasi pada tahun ini atau tepatnya pada Desember mendatang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com