Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trackhouse Racing Resmi Bergabung di Grid MotoGP 2024

Kompas.com - 06/12/2023, 06:52 WIB
Muhammad Reza Triatmodjo,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim Trackhouse Racing resmi bergabung dengan grid MotoGP 2024 setelah mengambil alih kekosongan yang ditinggalkan tim asal Malaysia, RNF.

Sebelumnya, Dorna Sports telah mengumumkan bahwa RNF tidak akan bergabung dalam seri MotoGP 2024 karena telah melanggar Perjanjian Partisipasi yang memengaruhi citra publik MotoGP.

Komite Seleksi MotoGP mengklaim bahwa pelanggaran yang dilakukan oleh tim MotoGP RNF telah membuat mereka tidak dapat berkolaborasi kembali di musim 2024.

Problem ini terkait dengan mayoritas pemegang saham RNF dan sponsor utama mereka, CryptoDATA, yang gagal membayar kewajiban mereka sebagai sponsor untuk MotoGP Austria, sementara banyak pemasok tim juga memiliki hutang yang belum diselesaikan.

"Komite Seleksi MotoGP, yang terdiri dari anggota FIM, IRTA, dan Dorna Sports, telah memutuskan untuk tidak memilih Tim MotoGP CryptoDATA RNF untuk musim 2024," dilansir dari laman resmi MotoGP.

"Pelanggaran berulang dan pelanggaran Perjanjian Partisipasi yang memengaruhi citra publik MotoGP telah mendorong keputusan ini."

Trackhouse Racing mengumumkan bahwa mereka akan bergabung dengan grid MotoGP pada 2024 sebagai tim satelit Aprilia, mengambil alih dari tim RNF yang telah bubar.

Mereka juga akan mempertahankan dua rider, Miguel Oliveira dan Raul Fernandez.

Tim yang dimiliki oleh Justin Marks dan musisi Pitbull ini mengunjungi paddock MotoGP tahun ini untuk mengeksplorasi kemungkinan bergabung dengan grid, awalnya berencana untuk masuk pada 2025.

Baca juga: Jadwal Lengkap MotoGP 2024, Jumlah Balapan Lebih Banyak

Namun, situasi dengan CryptoDATA membuat posisi RNF tidak bisa dipertahankan, sehingga Trackhouse mempercepat langkahnya ke MotoGP.

Justin Marks mengungkapkan kegembiraannya setelah secara resmi menjadi bagian dari MotoGP dan menyebut pengumuman ini sebagai langkah besar untuk pertumbuhan perusahaannya.

"Bergabung dengan Kejuaraan Dunia MotoGP adalah momen yang sangat menyenangkan bagi perusahaan muda kami," ujar Justin Marks.

"Trackhouse telah bekerja sejak hari pertama untuk mengenali peluang motorsport yang unik dan menarik, serta kemampuan untuk berekspansi ke seri global seperti MotoGP merupakan langkah besar dalam mengembangkan perusahaan."

Trackhouse Racing memulai perjalanan mereka di dunia balapan tiga tahun lalu ketika bergabung dengan kejuaraan balap mobil terkemuka AS, NASCAR.

Tim balap baru ini akan memakai livery berbalut bendera Amerika Serikat, sama seperti motor tes Ducati Nicky Hayden pada 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com