Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang MotoGP, Honda Coba Atasi Permasalahan Cengkeraman Ban Belakang

Kompas.com - 01/03/2023, 12:57 WIB
Frengky Tanto Wijaya,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Sumber Crash

KOMPAS.com — Tim Repsol Honda terus berupaya meningkatkan kemampuan dari motor yang akan dikendarai oleh Marc Marquez dan pembalap anyar dari Suzuki, Joan Mir, di MotoGP 2023.

Salah satunya, tim teknisi Honda terus berusaha mengatasi permasalahan terkait rentan hilangnya cengekraman atau grip pada ban belakang motor.

Manajer Repsol Honda, Alberto Puig menyebutkan bahwa pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk mengurangi risiko tinggi terjadinya kecelakaan.

“Kami telah bekerja keras selama musim dingin di Jepang bersama tim kami dari Eropa. Topik ini menjadi salah satu fokus pengembangan yang harus kami tingkatkan untuk musim baru,” ujar Puig dilansir dari Crash.

Baca juga: Repsol Honda Rilis Motor, Marc Marquez dan Joan Mir Antusias Tatap MotoGP 2023

“Tentu saja tidak hanya membuat motor kami dapat kompetitif, tetapi juga memerhatikan area keselamatan yang sangat penting bagi Marquez dan Mir. Kami jelas melihat hal tersebut,” sambung Puig.

Pebalap utama Honda, Marc Marquez, menyebutkan bahwa tantangan sebenarnya akan dihadapi oleh 2023 RC213V, motor balap musim ini, ketika menjalani Grand Prix.

“Dalam tes pramusim di Malaysia, hasilnya cukup bagus dan saya tidak takut sama sekali,” ujar Marquez.

“Gambaran sebenarnya bagi saya dan tim akan muncul ketika Grand Prix berjalan. Alasannya karena ada perbedaan cara membalap ketika tes pramusim dengan saat balapan utama berlangsung,” lanjutnya.

Baca juga: Hasil Tes MotoGP Sepang: Aprilia Saingi Ducati, Marc Marquez di Bawah Quartararo

Juara dunia MotoGP 6 kali tersebut juga menyebutkan bahwa semua orang di Honda memiliki tujuan sama, yaitu membentuk motor kompetitif dan tetap aman untuk dikendarai.

“Seperti yang Puig katakan, kami semua bekerja untuk satu tujuan sama. Membuat motor yang memiliki kecepatan, dapat bersaing dengan tim lain, dan aman untuk dikendarai,” kata Marquez.

Sementara itu, pembalap anyar Repsol Honda, Joan Mir, percaya dengan kemampuan dari timnya dalam memperbaiki masalah pada grip belakang motornya.

“Seperti yang dikatakan, Honda telah bekerja untuk perbaikan ke arah ini dan saya tidak bisa mengatakan itu adalah sebuah masalah besar,” ujar juara dunia MotoGP 2020 bersama dengan Suzuki tersebut.

Baca juga: Hasil Tes MotoGP Sepang: Adik Rossi Tercepat, Vinales di Antara Ducati

Marc Marquez dan Joan Mir akan memulai petualangan mereka di ajang MotoGP musim ini dalam GP Portugal sebagai balapan pembuka musim.

MotoGP Portugal sendiri akan berlangsung di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, pada Minggu (26/3/2023) pukul 20.00 malam WIB.

Balapan di Portugal sendiri akan menjadi debut balapan bagi Mir bersama dengan Honda setelah dirinya bergabung bersama tim dari Suzuki.

Adapun Marquez akan mencoba peruntungan di musim ini untuk kembali meraih gelar juara dunia setelah terakhir kali meraihnya pada 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com