Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagnaia Juara MotoGP 2022: Sejarah Akademi VR46 Valentino Rossi

Kompas.com - 06/11/2022, 20:51 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

 

KOMPAS.com - Francesco Bagnaia berhasil memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP 2022 usai finis ke-9 di GP Valencia 2022. Sejarah baru tercipta untuk akademi VR46 Valentino Rossi.

Francesco Bagnaia menyabet status sebagai juara dunia MotoGP 2022 berkat keberhasilannya finis di urutan ke-9 MotoGP Valencia, di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022) malam WIB.

Hasil MotoGP Valencia 2022 itu sudah cukup bagi Bagnaia yang minimal perlu mencatat finis ke-14 untuk menyegel gelar juara dunia.

Kesuksesan Bagnaia menjadi juara MotoGP 2022 jelas menghadirkan kebahagiaan luar biasa bagi VR46 Academy, akademi balap milik Valentino Rossi.

Ya, Bagnaia merupakan jebolan akademi balap VR46 milik legenda hidup MotoGP sekaligus pengoleksi 9 titel juara dunia, Valentino Rossi.

Melintasi sirkuit dirt track kompleks Ranch milik Rossi di Tavullia, Italia, sudah jadi bagian dari rutinitas Bagnaia pada masa silam.

Dalam latihan tersebut, Bagnaia belajar mengendalikan motor dengan daya cengkeram yang minim.

Baca juga: Hasil MotoGP Valencia 2022, Francesco Bagnaia Juara Dunia!

Tak sia-sia Bagnaia menempa diri di akademi VR46 Valentino Rossi. Ia kini menjadi lulusan pertama akademi VR46 yang tampil sebagai juara dunia MotoGP.

“Hal yang bagus melihat Vale ada di sini, itu membantu saya dan anak-anak lain dari akademi,” kata Bagnaia jelang MotoGP Valencia 2022, soal kehadiran langsung Rossi di arena.

“Dia tahu betul bagaimana cara mengatasi situasi ini dan akan membantu saya sebagai seorang pelatih sesungguhnya,” tutur Bagnaia soal sang mentor sebelum turun membalap di MotoGP Valencia.

Pada akhirnya, Bagnaia berhasil memberikan persembahan terbaik untuk sang guru Rossi, yakni titel juara dunia MotoGP 2022.

Kemunculan Bagnaia sebagai juara dunia MotoGP 2022 kian terasa indah karena diiringi sejumlah rekor apik.

Bagnaia bukan cuma berstatus lulusan pertama akademi VR46 yang mampu menyabet titel juara dunia MotoGP 2022.

Baca juga: Live MotoGP Valencia: Alex Rins Tancap Gas, Quartararo-Bagnaia Serempetan

Pemuda yang akrab disapa Pecco itu juga menjadi pebalap pertama yang di sepanjang sejarah yang mampu tampil sebagai juara dunia kendati sempat tertinggal 91 poin dari sang rival pada perjalanan musim MotoGP 2022.

Bagnaia juga merupakan figur pertama yang bisa mencaplok gelar kampiun kendati dalam perjalanan musim terhitung lima kali gagal menyelesaikan balapan alias DNF.

Fakta penting lain adalah Bagnaia merupakan penerima langsung tongkat estafet kejayaan pebalap Italia di MotoGP dari sang guru, Valentino Rossi.

Ya, sebelum Bagnaia duduk di podium juara dunia MotoGP 2022, orang Italia terakhir yang mampu melakukannya adalah Valentino Rossi, persisnya pada musim 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com