Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Emosional Marc Marquez Usai Mesti Absen di MotoGP 2022

Kompas.com - 29/05/2022, 13:20 WIB
Farahdilla Puspa,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez menyampaikan pesan emosional setelah memutuskan absen pada sisa balapan MotoGP 2022.

Marc Marquez berterima kasih atas segala dukungan yang diberikan untuknya, baik dalam momen bahagia maupun susah. 

Pebalap berjuluk The Baby Alien itu dipastikan absen panjang usai MotoGP Italia, Minggu (29/5/2022). Ia akan menjalani operasi di bawah arahan dokter Joaquin Sánchez Sotelo. 

Operasi tersebut tepatnya akan dilakukan di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, Amerika Serikat, Selasa (31/5/2022). 

Baca juga: Marc Marquez Akan Sudahi MotoGP 2022 untuk Jalani Operasi Lengan

Keputusan itu disampaikan Marc Marquez dan bos Repsol Honda Albert Puig usai kualifikasi MotoGP Italia, Sabtu (28/5/2022) malam WIB. 

Adapun saat sesi kualifikasi 2 (Q2), Marquez mengalami highside crash hingga motornya terbakar.

Marquez tidak mengalami cedera dan bisa kembali ke paddock sebelum melanjutkan kualifikasi. Namun, ia gagal mencatatkan waktu terbaik dan menyudahi Q2 di urutan ke-12.

"Sayangnya, saya harus istirahat dari MotoGP 2022 yang akan menjauhkan saya dari persaingan untuk sementara waktu," kata Marquez, dilansir Kompas.com dari situs Repsol Honda.

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP Italia 2022: Potensi Balapan Terakhir Marquez

"Setelah berbulan-bulan bekerja keras dengan tim medis baru saya di Madrid, kondisi fisik saya membaik dan telah mengurangi ketidaknyamanan di lengan kanan saya untuk bisa bersaing di Grand Prix."

"Namun, saya masih memiliki keterbatasan pada tulang humerus saya yang tidak memungkinkan saya mengendarai motor dengan benar dan mencapai tujuan yang selalu saya tetapkan untuk diri saya."

"Oleh karena itu, bersama dengan tim medis saya, dr Samuel Antuna dan dr Angel Cotorro, serta sudah berkonsultasi dengan spesialis dari Mayo Clinic, saya memutuskan melakukan operasi baru," ujar Marquez. 

Lebih lanjut, Marquez mengungkapkan operasi itu dilakukan agar ia bisa kembali tampil maksimal saat menunggangi motor RC213V.

Baca juga: Starting Grid MotoGP Italia 2022: Ducati Kuasai 5 Terdepan, Marquez Ke-12

Marquez juga mengucapkan terima kasih kepada para penggemar dan seluruh pihak yang mendukungnya dalam kondisi apa pun.

"Secara pribadi, saya memiliki motivasi dan antusiasme maksimal untuk terus bekerja dan berusaha kembali bersaing di level tertinggi," kata dia 

"Saya ingin berterima kasih kepada semua dukungan yang selalu ditunjukkan oleh keluarga saya, tim Repsol Honda, seluruh tim medis, dan terutama semua penggemar yang selalu ada pada saat-saat indah maupun sulit," ucap Marc Marquez. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com