Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Honda Motor dan Semangat Dorong Prestasi Pebalap Indonesia

Kompas.com - 23/02/2022, 20:00 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki semangat besar untuk terus mendorong prestasi para pebalap Indonesia.

Semangat itu dibuktikan dengan adanya program pembinaan berjenjang dan berkelanjutan dari PT Astra Honda Motor.

PT Astra Honda Motor juga telah mengumumkan 14 pebalap muda binaan bertalenta untuk terlibat dalam program tersebut, termasuk di antaranya yang tergabung di Astra Honda Racing Team (AHRT).

Para pebalap yang terlibat dalam program kemudian akan disiapkan untuk mencetak prestasi dan mengharumkan nama indonesia di sejumlah ajang bergengsi, dari tingkat Asia, Eropa, hingga dunia.

Dalam balapan yang digelar di Eropa, AHM menurunkan satu pebalap AHRT, yakni Fadillah Arbi Adhitama, untuk berkompetisi pada FIM JuniorGP World Championship (sebelumnya FIM CEV-Moto3 Junior World Championship).

Baca juga: Rekomendasi Dorna Sports dan FIM agar Sirkuit Mandalika Semakin Indah

Fadillah Arbi Adhitama siap menunjukkan kepabalitasnya sebagai pengganti Mario Suryo Aji yang naik kelas ke kejuaraan balap dunia Moto3.

Moto3 JuniorGP World Championship merupakan jalur terdekat bagi para pebalap muda untuk mengapai mimpi pentas MotoGP.

Sejumlah pebalap dunia sempat berkompetisi dalam ajang balap bergengsi di Eropa ini, salah satunya Marc Marquez.

Pebalap Indonesia yang akan tampil pada FIM JuniorGP World Championship 2022, Fadillah Arbi Adhitama, saat berbicara dalam konferensi pers Astra Honda Motor (AHM), Rabu (23/2/2022) siang WIB. Tangkapan layar konferensi pers virtual Astra Honda Motor (AHM) Pebalap Indonesia yang akan tampil pada FIM JuniorGP World Championship 2022, Fadillah Arbi Adhitama, saat berbicara dalam konferensi pers Astra Honda Motor (AHM), Rabu (23/2/2022) siang WIB.

Selama berkompetisi dalam ajang Moto3 JuniorGP World Championship, Fadillah Arbi Adhitama akan menetap di Eropa untuk mengasah kemampuan dan fokus berlatih demi membanggakan Tanah Air.

"Ini pertama kali saya akan terpisah jauh dari keluarga dan teman-teman saya di Indonesia. Namun, demi meraih mimpi dan membanggaan Indonesia di tingkat internasional, saya akan berjuang keras mewujudkan talenta dan potensi yang saya miliki," kata Arbi dalam konferensi pers vitual yang dihadiri KOMPAS.com, Rabu (23/2/2022).

Baca juga: Target Mario Suryo Aji di Moto3 2022 hingga Mimpi ke MotoGP

Bergeser ke kancah Asia, strategi program berjenjang AHM difokuskan pada beberapa ajang yang tak kalah bergengsi.

Pada pergelaran Asia Talent Cup (ATC) 2022 yang juga dipromotori Dorna Sports (promotor MotoGP), AHRT menyiapkan empat pebalap, yakni Veda Ega Pratama, Reykat Yusuf Fadillah, Aan Riswanto, dan Muhammad Diandra Trihardika.

Usia keempat pebalap itu terbilang masih sangat belia, antara 13-15 tahun, dan ini akan menjadi semangat baru pembinaan sejak usia dini.

Sementara itu, di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC), AHRT akan turun di dua kelas bergengsi, yakni Asia Production (AP) 250, dan Supersport (SS) 600.

Pebalap berbakat yang sebelumnya banyak meraih podium seperti Rheza Danica Ahrens, Herjun Atna Firdaus, dan M Adenanta Putra, siap berjuang di kelas AP250.

Baca juga: Jadi Rekan Setim Juara ATC di Moto3 2022, Mario Suryo Aji Bicara soal Rivalitas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com