Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beda Pendapat Joan Mir dan Jack Miller soal Insiden pada MotoGP Doha 2021

Kompas.com - 05/04/2021, 03:16 WIB
Faishal Raihan

Penulis

KOMPAS.com - Balapan MotoGP Doha 2021, Senin (5/4/2021) dini hari WIB, diwarnai dengan insiden yang melibatkan Jack Miller (Ducati) dan Joan Mir (Suzuki Ecstar).

Insiden itu terjadi pada lap ke-12 ketika Mir menyenggol Miller di Tikungan 10 Sirkuit Losail, Qatar, dalam perebutan posisi kelima.

Miller membalas aksi Mir dengan membenturkan motor Ducati Desmocedici ke Suzuki GSX-RR tunggangan Mir di exit Tikungan 16 atau trek lurus menuju garis finis.

Dalam tayangan ulang, Miller melihat ke arah Mir lebih dulu sebelum menabrak pebalap asal Spanyol itu dalam kecepatan 200 km/jam.

Baca juga: Klasemen MotoGP Usai GP Doha - Zarco Memimpin, Rossi Turun Peringkat

Insiden itu sempat diperiksa oleh pihak FIM MotoGP Stewrads, tetapi akhirnya tidak ada langkah displin lanjutan.

"Tidak ada tindakan lebih lanjut yang diambil setelah meninjau insiden yang melibatkan Jack Miller dan Joan Mir," tulis pernyataan FIM MotoGP Stewrads.

Mir akhirnya meneyelesaikan balapan di urutan ketujuh, sedangkan Miller dua posisi di bawahnya alias kesembilan.

Meski sudah menyentuh garis finis, "urusan" kedua pebalap belum rampung. Miller dan Mir terlibat cekcok pada lap menuju pit lane.

Baca juga: Hasil MotoGP Doha, Balapan Tersengit Sepanjang Sejarah Kelas Premier

Dalam keterangannya setelah balapan, Mir menilai bahwa manuver Miller di trek lurus menuju garis akhir sangat berbahaya.

Pebalap 23 tahun itu menilai bahwa Miller tidak menunjukkan rasa hormat saat race dan pantas diberi penalti jika aksinya itu disengaja.

“Kami hampir jatuh di jalan lurus, jadi saya pikir itu sangat berisiko, itu adalah manuver yang sangat berbahaya. Saya pikir itu disengaja," ucap Mir, seperti dikutip dari Motorsport, Senin (5/4/2021).

"Saya melihat Jack dan dia menggerakkan kepala seperti dia melihat saya. Saya hanya pergi ke tepi lintasan dan dia menghampiri saya. Seketika kami berdua bersenggolan," imbuhnya.

Baca juga: Hasil MotoGP Doha bagi Valentino Rossi, Tertinggal 14,2 Detik dari Quartararo

Menurut saya, Jack tidak menunjukkan rasa hormat dalam kasus ini. Jika memang disengaja seperti yang saya katakan, jika dia melakukannya dengan sengaja, dia pantas mendapatkan penalti," ucap Mir.

 Rider tim pabrikan Ducati, Jack Miller, tampil gemilang di sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, jelang Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.TWITTER.com/jackmilleraus Rider tim pabrikan Ducati, Jack Miller, tampil gemilang di sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Losail, Qatar, jelang Kejuaraan Dunia MotoGP 2021.

Sementara itu, Miller menilai bahwa kontaknya dengan Mir tak lebih dari insiden biasa dalam balapan.

“Maksud saya hanya ada sedikit kontak tetapi Anda tahu, begitulah cara balapan itu berlangsung, sepertinya ada sedikit kontak di sana-sini,” kata Miller.

"Jadi, tampaknya itulah jalannya balapan. Itu saja dan maksud saya, jika saya mendapatkan bendera hitam (diskualifikasi) maka ada sesuatu yang salah, saya rasa," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com