Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FFI 2024 Usung Tema Merandai Cakrawala Sinema Indonesia

Kompas.com - 22/04/2024, 22:22 WIB
Ady Prawira Riandi,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Film Indonesia (FFI) 2024 resmi diluncurkan dengan mengusung tema baru yakni Merandai Cakrawala Sinema Indonesia.

FFI 2024 sekaligus menjadi langkah awal Ario Bayu yang terpilih sebagai Ketua Komite FFI periode 2024-2026 menggantikan Reza Rahadian.

Tema tersebut diharapkan FFI dapat menjadi ruang yang terus menghidupkan kolaborasi berlandaskan semangat kesetaraan dalam membangun ekosistem perfilman Indonesia yang kreatif, inovatif, inklusif, dan produktif.

Baca juga: Ario Bayu Sempat Khawatir Dipilih Jadi Ketua Komite FFI 2024-2026

"Melalui tema Merandai Cakrawala Sinema Indonesia Komite ingin FFI 2024 menggerakkan arah sinema ke depan, sekaligus belajar dari sejarah masa lalu sinema kita, dan terbuka dengan semua kemungkinan potensi baru dalam perkembangannya saat ini," kata Ario Bayu dalam konferensi pers di Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024).

Komite FFI 2024-2026 juga berkomitmen untuk mendorong proses kolaborasi sehingga dapat menemukan peluang dan potensi baru di industri film Indonesia.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Ahmad Mahendra mengatakan FFI kini memiliki peran vital dalam menjaga ekosistem perfilman Indonesia.

Baca juga: Ario Bayu Diangkat Jadi Ketua Komite FFI, Gantikan Reza Rahadian

"Bagi kami, posisi FFI ada di mana itu penting sekali dalam konteks sistem perfilman di kita gitu,” kata Mahendra.

Oleh sebab itu, Ahmad Mahendra berharap di masa mendatang FFI bisa menjadi badan independen yang didukung oleh pemerintah namun tetap memiliki kebebasan penuh secara penyelenggaraannya.

Dalam peluncuran FFI 2024, Ketua Komite FFI Ario Bayu memperkenalkan jajaran timnya.

Prilly Latuconsina didapuk menjadi Ketua Pelaksana.

Budi Irawanto sebagai Ketua Bidang Penjurian, Mandy Marahimin sebagai Ketua Sekretariat, Gita Fara sebagai Ketua Bidang Keuangan dan Pengembangan Usaha, Pradetya Novitri sebagai Ketua Bidang Acara, Nazira C. Noer sebagai Ketua Humas Acara, dan Ketua Humas Penjurian dijabat oleh Michael Ratnadwijanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com