Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Christopher Nolan Ingin Debut Garap Film Horor Perdana, tetapi…

Kompas.com - 18/02/2024, 21:27 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Sutradara Christopher Nolan telah mengungkapkan ingin membuat film horor perdananya.

Tetapi, Christopher Nolan menekankan, dirinya butuh ide yang luar biasa bila benar-benar menggarap film horor.

Sutradara film Oppenheimer tersebut berbicara pada acara British Film Institute (BFI) London pada Kamis (16/2/2024), yang dihadiri penonton yang tiket acaranya terjual habis.

Baca juga: Cillian Murphy Ungkap Cara Tak Biasa Christopher Nolan Antar Naskah Skenario Film

Ketika ditanya salah satu penonton apakah dia akan mempertimbangkan untuk membuat film horor, Nolan menjawab (seperti dilansir Variety): “Oppenheimer pasti memiliki unsur horor di dalamnya, karena menurut saya sesuai dengan pokok bahasannya.”

“Saya pikir film horor sangat menarik karena bergantung pada perangkat sinematik, film ini benar-benar tentang respons mendalam terhadap berbagai hal dan, pada titik tertentu, saya ingin membuat film horor. Tapi menurut saya film horor yang bagus membutuhkan ide yang sangat luar biasa. Dan jumlahnya sedikit dan jarang. Jadi saya belum menemukan cerita yang cocok untuk itu,” tutur Nolan.

Baca juga: Robert Downey Jr Ingin Perankan Scarecrow Musuh Batman tapi Ditolak Christopher Nolan

Christopher Nolan melanjutkan, dirinya tertarik dengan genre film horor meski ia belum pernah menggarap film yang dikenal punya efek menakuti itu.

Nolan berpendapat, perspektif horor dalam dunia film punya perbedaan yang menarik.

“Tapi menurut saya ini adalah genre yang sangat menarik dari sudut pandang sinematik. Ini juga salah satu dari sedikit genre di mana studio membuat banyak film seperti ini, dan itu adalah film yang memiliki banyak kesuraman, banyak abstraksi. Film-film tersebut memiliki banyak kualitas yang pada umumnya sangat ditolak oleh Hollywood untuk dimasukkan ke dalam film, tetapi itu adalah genre yang diperbolehkan,” beber Christopher Nolan.

Baca juga: Christopher Nolan Sebut Kesuksesan Film Oppenheimer Bisa Akhiri Era Waralaba

Selama pembicaraan, Nolan juga memperluas gagasan bereksperimen dengan genre, mencatat bagaimana bagian tengah Oppenheimer menampilkan elemen perampokan yang “sangat berat”, sedangkan babak ketiga adalah drama ruang sidang.

“Alasan saya memilih kedua genre tersebut untuk bagian tersebut adalah karena keduanya merupakan genre arus utama di mana dialog, perbincangan orang-orang, secara inheren intens dan menarik bagi penonton. Itu hal yang menyenangkan dalam genre, Anda bisa bermain dengan banyak area berbeda, di mana dalam jenis film berbeda Anda sebenarnya tidak diperbolehkan melakukannya,” kata Nolan.

Baca juga: Robert Downey Jr Sebut Kesuksesan Oppenheimer Dampaknya Sangat Buruk bagi Christopher Nolan yang Introvert

Oppenheimer dan Nolan diperkirakan akan meraih kemenangan besar di British Academy Film Awards (BAFTA) ke-77 yang berlangsung akhir pekan ini.

Film, sutradara dan pemeran Cillian Murphy dan Robert Downey Jr. juga menjadi favorit kuat untuk memenangkan kategori masing-masing di nominasi Oscar 2024.

Ada pun, Christopher Nolan dikenal sebagai sutradara yang kerap membuat film bertema teknologi yang jelih. Beberapa di antaranya, adalah Inception, Oppenheimer, Batman: The Dark Knight, dan Interstellar.

Baca juga: Christopher Nolan Bantah Bakal Sutradarai Film James Bond

Christopher Nolan dikenal sebagai sutradara yang ogah menggunakan efek CGI dan sebisa mungkin melakukan set lokasi syuting secara manual.

Meski demikian, Christopher Nolan belum pernah membuat film horor. Oleh sebab itu, keinginan Nolan membuat film horor perdana tentu menarik penikmat film.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com