Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ceritakan Proses Kangen Band Dikenal Luas, Dodhy: Kami Sebar CD di Angkot

Kompas.com - 19/01/2024, 14:24 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Gitaris Kangen Band Dodhy Hardianto atau Dodhy Kangen Band menceritakan bagaimana grup band yang ia bentuk bisa terkenal.

Dodhy menyebut, Kangen Band terkenal dari proses tak lazim.

Bagaimana tidak, Kangen Band bisa dikenal karena memutuskan menyebarluaskan lagunya lewat kepingan CD bajakan yang dibuat sendiri oleh personel Kangen Band.

Baca juga: Ungkap Momen Pertemuan dengan Andika Mahesa, Dodhy Kangen Band: Dia Lagi Nyanyi di Depan Rumahku, Suaranya Unik

“Dulu waktu kangen band rilis lagu itu kami bikin copy-annya sendiri, jadi kayak kami bajak sendiri,” ucap Dodhy Kangen Band seperti dikutip dari kanal YouTube Dewa Budjana, Jumat (19/1/2024).

Setelah menduplikasi banyak copy CD yang berisi lagu Kangen Band, Dodhy dan kawan-kawan menyebarkannya ke banyak angkot atau angkutan umum yang ada di Lampung pada saat itu.

Angkot dipilih menjadi media meyebarkan lagu Kangen Band karena sopir angkot seringkali memutarkan lagu untuk penumpangnya sepanjang perjalanan.

Baca juga: Dodhy Kangen Band Ungkap Sheila On 7 Jadi Sumber Inspirasi Membuat Lagu

Tak disangka, keputusan ini membuahkan hasil. Nama Kangen Band menjadi pembicaraan di masyarakat Lampung pada saat itu karena lagunya marak diputar.

“Kami sebar di angkot-angkot, sukses itu sebelum rekaman di Jakarta, lagu kangen band banyak yang dengarkan,” kata Dodhy.

Dodhy masih ingat yang bertugas menyebarkan kepingan CD ke sopir angkot saat itu adalah Andika Mahesa yang merupakan vokalis Kangen Band dan Rustam Wijaya atau Tama selaku gitaris Kangen Band.

Baca juga: Tahu Andika Mahesa Diam-diam Pernah Bawakan Lagu Ciptaannya, Dodhy Kangen Band Tak Berniat Layangkan Pelarangan

Dodhy sendiri mengungkapkan alasan memilih menyebarkan lagunya lewat kepingan CD secara gratis ke sopir angkot.

Dodhy mengaku saat itu, ia dan teman-temannya belum paham bagaimana melakukan strategi promosi.

“Yang kasih ke angkot itu Andika sama Tama gitaris Kangen Band satu lagi, aku yang burningin. Aku yang punya ide itu, karena belum paham promosi jadi gimana caranya biar nyebar lagu kita,” ungkap Dodhy.

Baca juga: Andika Mahesa Jadi Caleg DPR 2024, Dodhy Pastikan Kangen Band Tak Akan Bubar

Ada pun, Kangen Band adalah grup band bergenre pop melayu.

Kangen Band dibentuk pada tanggal 4 Juli 2005 di Bandar Lampung oleh Dodhy Hardiyanto dan teman temannya.

Kangen Band sendiri sudah beberapa kali bongkar pasang personel sampai akhirnya kembali ke formasi awal pada awal tahun 2021, termasuk Andika sebagai vokalis di dalamnya.

Baca juga: Menyesal Dulu Hampir Ceraikan Istri, Dodhy Kangen Band Ciptakan Lagu Merayu Tuhan

Beberapa lagu hits Kangen Band adalah “Penantian Yang Tertunda”, “Tentang Bintang”, “Doy”, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com